Bahan Pokok Jadi Penyumbang Inflasi, Luhut Sarankan Desa Tanam Cabai dan Bawang

Heri Purnomo ยท Jumat, 19 Agustus 2022 - 17:42:00 WIB
Bahan Pokok Jadi Penyumbang Inflasi, Luhut Sarankan Desa Tanam Cabai dan Bawang
Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan melaporkan kepada Presiden Jokowi untuk menyarankan menanam cabai hingga bawang untuk menekan inflasi. (Foto: Okezone)

MAKASSAR, iNews.id - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan menyebut, angka inflasi Indonesia telah mencapai 4,94 persen year-on-year (yoy) per Juli 2022. Adapun salah satu penyumbang angka tersebut adalah bahan pokok seperti cabai dan bawang.

"Angka inflasi pokok kita sebenarnya hanya 2,84 persen (yoy), kenapa sekarang bisa menjadi 4,94 persen (yoy), itu dikarenakan cabai merah, cabai rawit, bawang merah itu yang mempengaruhi inflasi kita," ujar Luhut dalam acara Kuliah Umum di Universitas Hasanuddin, Makassar, Jumat (19/8/2022).

Melihat hal tersebut, dirinya melaporkan kepada Presiden Joko Widodo untuk membuat seluruh desa menanam cabai merah dan bawang. Hal tersebut merupakan upaya untuk dapat menekan angka inflasi. 

"Jadi saya lapor ke Pak Presiden, 'Pak semua desa ini suruh saja tanam cabai merah dan bawang supaya inflasi kita bisa dikendalikan sekitar 4 persen," kata dia.

Editor : Aditya Pratama

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda