Bandara Soekarno-Hatta Raih Penghargaan Punya Prokes Terbaik di Dunia dari Skytrax

Anggie Ariesta ยท Rabu, 11 Agustus 2021 - 10:00:00 WIB
Bandara Soekarno-Hatta Raih Penghargaan Punya Prokes Terbaik di Dunia dari Skytrax
Seorang petugas menyemprotkan disinfektan di Bandara Soekarno Hatta sebagai bagian dari protokol kesehatan Covid-19.

JAKARTA, iNews.id - Bandara Soekarno-Hatta meraih penghargaan khusus The 2021 Covid-19 Airport Excellence Awards, suatu penghargaan dalam Skytrax World Airport Awards 2021. 

Skytrax menyatakan penghargaan khusus ini diberikan kepada 38 bandara di dunia yang dinilai pelanggan mampu menerapkan standar tinggi dalam protokol kesehatan (prokes), kehigienisan, dan protokol keamanan di tengah pandemi global Covid-19. 

President Director PT Angkasa Pura II (Persero) atau AP II, Muhammad Awaluddin, mengatakan kolaborasi di antara para stakeholder menjadi kunci Bandara Soekarno-Hatta hingga mendapat pengakuan dunia internasional. 

“AP II berterima kasih kepada seluruh pihak yang menjalankan tugas dengan tetap semangat dan penuh pengabdian meski berada di tengah pandemi. Berkat kerja keras seluruh personel,  Bandara Soekarno-Hatta dinilai menjadi salah satu bandara di dunia yang dapat menerapkan prokes dengan baik,” kata Muhammad Awaluddin, dalam keterangan tertulis yang diterima MNC Portal Indonesia, Jakarta, Rabu (11/8/2021).

Dia menjelaskan, AP II selaku operator bandara bersama stakeholder lainnya memiliki tujuan yang sama, yaitu mempertahankan operasional Bandara Soekarno-Hatta selama 24 jam setiap hari untuk tetap menjaga konektivitas udara Indonesia di tengah pandemi Covid-19.  Dengan demikian, AP II berharap dapat berkontribusi terhadap penanganan Covid-19 termasuk melayani berbagai penerbangan seperti penerbangan repatriasi WNI, pengangkutan vaksinasi, pengangkutan bantuan dan lain sebagainya. 

Berikut ini adalah beberapa program yang dijalankan Bandara Soekarno-Hatta untuk memperkuat prokes dan menghadapi tantangan Covid-19 :

1. Biosecurity Management System

Bandara Soekarno-Hatta memperkuat protokol kesehatan dengan Biosecurity Management System melalui penerapan program guna memastikan physical distancing (jaga jarak), health screening (pemeriksaan kesehatan), passenger touchless processing (layanan tanpa sentuh), facility cleanliness (kebersihan fasilitas) dan people protection (penggunaan APD, hand sanitizer, dsb). 

Guna memperkuat Biosecurity Management, Bandara Soekarno-Hatta kini mewajibkan calon penumpang pesawat menggunakan aplikasi PeduliLindungi untuk memproses keberangkatan penerbangan. Dengan PeduliLindungi, pemeriksaan dokumen kesehatan (kartu vaksinasi dan surat tes COVID-19) dilakukan secara digital, di mana penumpang cukup menunjukkan akun QR code di akun PeduliLindungi ke QR scanner di bandara. 

Editor : Jeanny Aipassa

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: