Bangkai Kapal Berusia Dua Abad Ditemukan, Arkeolog: Sejarah Perdagangan Singapura Sebelum Penjajahan Inggris

Jeanny Aipassa ยท Jumat, 18 Juni 2021 - 07:05:00 WIB
Bangkai Kapal Berusia Dua Abad Ditemukan, Arkeolog: Sejarah Perdagangan Singapura Sebelum Penjajahan Inggris
Keramik dari abad ke-14 yang ditemukan dalam bangkai kapal di perairan Preda Branca, Singapura.

SINGAPURA, iNews.id - Bangkai kapal berusia dua abad yang penuh dengan keramik dan artefak lainnya telah ditemukan di lepas pantai Singapura. 

Pada Kamis (17/6/2021), AFP melaporkan para arkeolog dan penyelam menemukan beberapa barang artefak berupa keramik di dua bangkai kapal, dekat Preda Branca yang menjadi wilayah sengketa antara Singapura dan Malaysia.

Melihat artefak yang ditemukan, terutama keramik China, para arkeolog mengatakan bahwa keramik tersebut dapat menjelaskan sejarah perdagangan Singapura. 

Pasalnya, keramik itu diduga berasal dari abad ke-14, yang berarti menunjukkan bahwa Singapura menjadi salah satu pusat perdagangan jauh sebelum dijajah Inggris pada 1819. 

Singapura yang merupakan negara kepulauan yang makmur telah lama menjadi pusat perdagangan utama di rute pelayaran global yang menghubungkan Samudera Hindia dan Laut China Selatan. 

Pada 2015, para arkelolog yang melakukan penelitian menemukan bangkai kapal pertama. Para penyelam yang memasuki bangkai kapal kemudian menemukan piring keramik, diduga merupakan keramik buatan China yang mungkin berasal dari abad ke-14, ketika Singapura dikenal sebagai Temasek. 

Penelitian kemudian dilanjutkan hingga ditemukan bangkai kapal yang kedua seperti dilaporkan AFP pada Kamis (17/6/2021). Selain itu, beberapa barang serupa juga ditemukan dalam penggalian arkeologi di darat. 

Para arkelolog mengatakan, penemuan artefak sejenis dari abad ke-14 itu, menunjukkan bahwa Singapura adalah pusat perdagangan jauh sebelum kedatangan penjajah Inggris pada 1819.

Editor : Jeanny Aipassa