Bank Sentral Inggris Peringatkan Kripto Bisa Picu Krisis Keuangan Global, kecuali...

Suparjo Ramalan ยท Jumat, 15 Oktober 2021 - 07:28:00 WIB
Bank Sentral Inggris Peringatkan Kripto Bisa Picu Krisis Keuangan Global, kecuali...
Bank Sentral Inggris peringatkan kripto bisa Ppicu krisis keuangan global, kecuali...

LONDON, iNews.id - Wakil Gubernur bank sentral Inggris (Bank of England/BoE) untuk stabilitas keuangan John Cunliffe memperingatkan mata uang kripto atau cryptocurrency bisa memicu krisis keuangan global, kecuali diterapkan regulasi ketat. 

Cunlifee menyamakan tingkat pertumbuhan pasar aset kripto dari 16 miliar dolar AS pada lima tahun lalu melonjak menjadi 2,3 triliun dolar AS baru-baru ini, dengan pasar subprime mortgage sebesar 1,2 triliun dolar AS pada 2008. 

"Ketika sesuatu dalam sistem keuangan tumbuh sangat cepat dan di ruang yang sebagian besar tidak diatur, otoritas stabilitas keuangan harus memperhatikannya," kata dia, dikutip dari CNBC, Jumat (15/10/2021). 

Cunliffe menegaskan, pemerintah dan regulator harus berhati-hati untuk tidak bereaksi berlebihan atau mengklasifikasikan pendekatan baru sebagai hal berbahaya karena berbeda, dan juga mencatat teknologi kripto menawarkan prospek perbaikan radikal dalam layanan keuangan. Namun, menurutnya, meskipun risiko stabilitas keuangan tetap terbatas, aplikasi aset kripto saat ini menimbulkan masalah stabilitas keuangan karena mayoritas tidak memiliki nilai intrinsik dan rentan terhadap koreksi harga.

Bitcoin dan ethereum, dua cryptocurrency terbesar anjlok lebih dari 30 persen pada awal tahun ini sebelum pulih, dan telah terbukti sangat fluktuatif sejak peluncurannya. Harga uang kripto rentan terhadap berbagai pemicu eksternal, mulai dari komentar CEO Tesla Elon Musk hingga tindakan keras pemerintah China.

"Dunia kripto mulai terhubung ke sistem keuangan tradisional dan kami melihat munculnya pemain dengan dana pinjaman. Dan, yang terpenting, ini terjadi di ruang yang sebagian besar tidak diatur," ujar Cunliffe.

Pernyataannya mendukung komentar Gubernur Bank of England Andrew Bailey pada Mei lalu, yang memperingatkan investor cryptocurrency harus lebih berhati-hati. Financial Conduct Authority Inggris juga telah memperingatkan investasi kripto berisiko.

Cunliffe mengatakan, risiko terhadap stabilitas keuangan dapat tumbuh dengan cepat jika pasar terus berkembang dengan kecepatan seperti itu, tetapi skala risiko tersebut akan ditentukan oleh kecepatan respons oleh regulator dan pemerintah.

Harga bitcoin telah turun 10 persen dalam satu hari pada hampir 30 kesempatan dalam lima tahun terakhir, terbesar adalah penurunan hampir 40 persen setelah insiden cyber di bitcoin dan cryptocurrency yang berbasis di Seychelles. 

"Apa yang bisa dihasilkan dari peristiwa seperti itu, jika aset kripto ini terus tumbuh dalam skala besar, jika mereka terus menjadi lebih terintegrasi ke dalam sektor keuangan tradisional dan jika strategi investasi terus menjadi lebih kompleks?” tutur Cunliffe.

Editor : Jujuk Ernawati

Halaman : 1 2

Follow Berita iNews di Google News

Bagikan Artikel:




Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda