Batal Blokir, Donald Trump Restui Kerja Sama Oracle dan TikTok

Djairan ยท Minggu, 20 September 2020 - 09:25:00 WIB
Batal Blokir, Donald Trump Restui Kerja Sama Oracle dan TikTok
Presiden AS, Donald Trump. (Foto: AFP)

WASHINGTON, iNews.id - Presiden AS, Donald Trump merestui kerja sama antara Oracle dan ByteDance untuk memastikan TikTok tetap beroperasi di Amerika. Trump sebelumnya mengancam akan memblokir platform berbagi video tersebut.

"Saya merestui kesepakatan itu, kalau mereka dapat menuntaskannya itu baik, kalaui mereka tidak bisa juga tidak apa-apa. Intinya, saya menyetujui kerja sama itu secara konseptual," katanya dikutip dari Financial Times, Minggu (20/9/2020).

Persetujuan Trump diutarakan setelah pemerintah AS dan ByteDance bersitegang soal nasib TikTok di Negeri Paman Sam. Aplikasi dari China itu dinilai menjadi ancaman bagi keamanan nasional AS.

Kementerian Perdagangan AS juga setuju menunda rencana pemblokiran TikTok dari toko aplikasi (app store) Apple dan Google hingga 27 September . Langkah itu dilakukan setelah Trump menyetujui kerja sama Oracle dan TikTok.

Dalam kesepakatan tersebut, ByteDance melepas (spin-off) bisnis TikTok secara global dengan membangun markas di AS. Namun, ByteDance akan tetap menjadi pemegang saham mayoritas TikTok. Sementara Oracle bersama Walmart akan memiliki 20 persen saham TikTok.

ByteDance juga dipastikan akan tetap mengontrol sistem algoritma TikTok. Trump yakin kesepakatan dua perusahaan itu membuat China tak lagi bisa memengaruhi TikTok karena basis data pengguna TikTok akan disimpan Oracle.

"Ini nantinya tidak ada lagi hubungan dengan China, jadi benar-benar aman karena ini menjadi bagian kesepakatan. Tingkat keamanan mencapai 100 persen, mereka memakai sistem cloud terpisah dan sistem keamanan yang sangat kuat. Semua dikontrol oleh Walmart dan Oracle, dua perusahaan Amerika yang luar biasa," tutur Trump.

CEO Oracle, Safra Cats mengatakan, aplikasi TikTok akan dijalankan dalam Oracle Cloud sebagai bagian dari kesepakatan. Oracle juga akan menjadi pemegang saham minoritas TikTok.

"Oracle segera meluncurkan, meningkatkan kapasitas, dan mengoperasikan sistem TikTok di Oracle Cloud. Kami seratus persen yakin akan kemampuan kami menciptakan lingkungan yang aman kepada TikTok dan memastikan keamanan data pengguna TikTok di AS dan seluruh dunia," kata Cats.


Editor : Rahmat Fiansyah