Beli Pinehill, Indofood Dapat 4 Perusahaan Mi Instan di Arab hingga Turki

Suparjo Ramalan ยท Sabtu, 23 Mei 2020 - 12:54 WIB
Beli Pinehill, Indofood Dapat 4 Perusahaan Mi Instan di Arab hingga Turki

Indofood. (Foto: Okezone)

JAKARTA, iNews.id - PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk (ICBP) akan mengakuisisi Pinehill Company Ltd. Nilai akuisisi perusahaan investasi yang berlokasi di British Virgin Islands (BVI) tersebut mencapai Rp45 triliun.

Pinehill Company Ltd diketahui 51 persen sahamnya dimiliki Pinehill Corpora Ltd milik bos Indofood, Anthony Salim. Sementara 49 persen sisanya dipunyai pengelola aset yang berbasis di Hong Kong, ASM Telok Ayer Fund.

Corporate Secretary ICBP, Gideon A. Putro mengatakan, akuisisi itu dilakukan karena Pinehill sebagai target group menguasai pasar mi instan dengan merek 'Indomie' di delapan negara, yaitu Arab Saudi, Nigeria, Mesir, Turki, Serbia, Ghana, Maroko, dan Kenya dengan populasi mencapai 550 juta jiwa.

"Target Group memiliki 12 pabrik dengan total jumlah kapasitas produksi 10 miliar bungkus," ujar Gideon, Sabtu (23/5/2020).

Selain memiliki 12 pabrik, kata dia, Pinehill juga mempunyai jaringan distribusi di 33 negara di sekitarnya. Dengan kata lain, akusisi ini sejalan dengan rencana ekspansi perusahaan sekaligus memperkuat posisi strategis perseroan di pasar-pasar yang mengutamakan pilihan produk-produk halal.

Pinehill, kata Gideon, memiliki empat anak usaha yang telah dikonsolidasikan. Berikut anak usaha perusahaan Pinehill:

1. 59 persen saham Pinehill Arabia Food Ltd perusahaan manufaktur mi instan di Arab Saudi;

2. 100 persen saham Platinum Stream Profits Ltd, perusahaan investasi di BVI yang memiliki 48,99 persen saham Dufil Prima Foods Plc. Perusaaan tersebut memproduksi mie instan di Nigeria dan Ghana;

3. 59 persen saham Salim Wazaran Group Ltd, perusahaan investasi di BVI yang memiliki 80 persen saham anak usaha yang memproduksi mie instan di Mesir, Kenya, Maroko, dan Serbia;

4. 59 persen saham Salim Wazaran Gida Sanayi Ve Yatirim Anonim Sirketi, perusahaan investasi bersama (joint stock) yang memiliki 80 persen saham Adkoturk Gida Sanayi Ve Ticaret Ltd, yang memproduksi mi instan di Turki.

Editor : Rahmat Fiansyah