Belum Bisa Ekspor, 3 Pabrik CPO di Mukomuko Tutup

Demon Fajri ยท Kamis, 02 Juni 2022 - 15:17:00 WIB
Belum Bisa Ekspor, 3 Pabrik CPO di Mukomuko Tutup
Tiga pabrik CP di Kabupaten Mukomuko, Bengkulu, tutup beroperasi sejak akhir April 2022 karena belum ada ekspor melalui Teluk Bayur. (Foto: Ilustrasi/Istimewa)

BENGKULU, iNews.id - Tiga pabrik crude palm oil (CPO) di Kabupaten Mukomuko, Bengkulu, tutup beroperasi sejak akhir April 2022. Tutupnya pabrik-pabrik itu disebabkan tangki penampungan yang sudah penuh, sehingga perusahaan menolak menerima atau membeli Tandan Buah Segar (TBS) milik petani warga setempat.

Penuhnya tangki CPO di tiga pabrik itu disebabkan belum ada adanya ekspor yang disalurkan melalui jalur laut di Teluk Bayur, Sumatera Barat.

Tiga pabrik yang tutup tersebut tersebar pada tiga kecamatan di Kabupaten Mukomuko, yaitu PT Gajah Sakti Sawit, di Kecamatan Pondok Suguh, PT Sapta Sentosa Jaya Abadi di Kecamatan Lubuk Pinang, dan PT Sentosa Sejahtera Sejati (SSS) di Kecamatan Penarik. 

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko, Apriansyah menjelaskan, terdapat 14 pabrik CPO yang ada di wilayahnya, dan tiga pabrik di antaranya tutup beroperasi sejak akhir April 2022. 

Untuk kapasitas pabrik CPO, PT Gajah Sakti Sawit dapat menampung atau kapasitas daya tampung 700 ton CPO, dengan 1 tangki. Lalu, PT Sapta Sentosa Jaya Abadi memiliki kapasitas daya tampung CPO 4.000 ton dengan memiliki dua tangki, dan PT Sentosa Sejahtera Sejati memiliki kapasitas daya tampung 1.500 ton CPO.

"Daya tampung tangki tiga perusahaan terbatas, sehingga mereka sudah tidak bisa lagi menerima tandan buah segar milik petani," ujar Apriansyah, Kamis (2/6/2022). 

Editor : Aditya Pratama

Halaman : 1 2

Follow Berita iNews di Google News

Bagikan Artikel:




Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda