Belum Divaksin Mau Ke Mal, Mendag: Bisa Asal Bawa Hasil Tes PCR atau Antigen

Anggie Ariesta ยท Rabu, 11 Agustus 2021 - 09:12:00 WIB
Belum Divaksin Mau Ke Mal, Mendag: Bisa Asal Bawa Hasil Tes PCR atau Antigen
Menteri Perdagangan M Lutfi (Foto: Ist)

JAKARTA, iNews.id - Menteri Perdagangan (Mendag), Muhammad Lutfi, mengatakan warga bisa berkunjung ke mal, tapi ada syarat wajib, yaitu sudah vaksinasi Covid-19. Selain itu, harus mengunduh aplikasi Peduli Lindungi dan memindai kode QR Kartu Vaksinasi di depan pintu masuk.

Sedangkan bagi warga yang belum atau tidak bisa divaksin Covid-19 karena alasan kesehatan, dapat tetap mengunjungi mal dengan syarat menyertakan hasil tes PCR atau antigen negatif.  

"Akhirnya berkunjung ke mal! Teman-teman juga bisa tapi harus sudah vaksin dan unduh aplikasi @pedulilindungi.id. Buat yang belum vaksin atau tidak bisa divaksin karena alasan kesehatan, bisa menunjukkan hasil PCR/antigen negatif," ujar Muhammad Lutfi, seperti dikutip dari laman Instagram resminya, @mendaglutfi, Selasa (10/8/2021). 

Terkait dengan itu, Mendag Lutfi mengajak masyarakat untuk menyukseskan program vaksinasi dan tetap menjaga protokol kesehatan ketika ingin mengunjungi pusat perbelanjaan atau mal. 

Syarat wajib vaksin atau menunjukan hasil tes PCR/antigen bagi yang belum atau tidak bisa divaksin, dimaksudkan untuk menghindari kemungkinan penyebaran virus Covid-19. Pasalnya, pusat perbelanjaan atau mal merupakan tenpat tertutup dan rawan untuk penyebaran virus Covid-19 karena menjadi tempat berkumpulnya banyak orang. 

Saat meninjau Mal Kota Kasablanka sebagai uji coba pembukaan 138 pusat berbelanjaan selama masa perpanjangan PPKM Level 4, mulai 10-16 Agustus 2021, Mendag mengatakan Indonesia bisa keluar dari pandemi asal sukseskan program vaksinasi pemerintah. 

"Ayo kita sama-sama sukseskan program vaksinasi dan selalu taat prokes! Inshaallah kita bisa keluar dari pandemi ini lebih sehat fisiknya & kuat ekonominya," tulis Mendag Lutfi. 

Pada kesempatan itu, Mendag Lutfi bersama Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Wakil Gubernur Ahmad Riza Patria, dan Ketua Kadin Arsjad Rasjid meninjau langsung standar operasional prosedur (SOP) di Mal Kota Kasablanka.

Selain Jakarta, uji coba pembukaan pusat perbelanjaan dan mal juga dilakukan di Bandung, Semarang dan Surabaya hingga 16 Agustus. Dan Mendag Lutfi bersama pemerintah daerah akan memantau setiap pergerakan pengunjung seiring perkembangan kasus Covid-19. 

"Saya bersama Mas @budigsadikin @kemenkes_ri dan pemda akan pantau setiap minggunya uji coba ini seiring dengan perkembangan #covid19," ujar Mendag.

Editor : Jeanny Aipassa

Bagikan Artikel: