Berakhir Bulan Ini, PT Pos Indonesia Pastikan 100 Persen Bansos Tunai Tersalurkan ke Penerima

Jeanny Aipassa ยท Jumat, 20 Agustus 2021 - 20:35:00 WIB
Berakhir Bulan Ini, PT Pos Indonesia Pastikan 100 Persen Bansos Tunai Tersalurkan ke Penerima
Ilustrasi penyaluran Bansos Tunai. (Foto: Ilustrasi/Ist)

JAKARTA, iNews.id - PT Pos Indonesia (Persero) memastikan 100 persen Bantuan Sosial (Bansos) Tunai terkait kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat, tersalurkan ke penerima hingga akhir Agustus 2021. 

Dirut PT Pos Indonesia (Persero), Faizal Rahmad Djoemadi, mengatakan penyaluran Bansos Tunai tersebut bukan hanya sekadar pekerjaan mendistribusikan, tetapi juga pelayanan sosial di tengah-tengah masa PPKM Darurat yang diperpanjang menjadi PPKM Level IV dan Level III. 

“PT Pos Indonesia bukan sekedar bertugas mendistribusikan tapi ini kerja sosial dan pelayanan kepada masyarakat. Bansos Tunai ini penting karena merupakan program perlindungan sosial dan pemulihan ekonomi kerakyatan. Kita memastikan 100 persen sampai ke tangan KPM, meskipun masih di dalam masa PPKM,” kata Faizal, dalam keterangannya, Jumat (20/8/2021). 

Seperti diketahui, Kementerian Sosial melalui PT Pos Indonesia kembali menyalurkan Bansos Tunai, sebagai kompensasi dari kebijakan PPKM Darurat, yang berlangsung pada 3-20 Juli 2021. 

Bansos Tunai diberikan untuk 2 bulan sebesar Rp600.000 kepada 10 juta keluarga penerima manfaat (KPM) dari keluarga tidak mampu atau miskin, yang belum menerima bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) serta Sartu Sembako. Penyalurannya dilakukan hingga Agustus 2021.

“Kita menindaklanjuti program Pemerintah yang fokus memulihkan ekonomi masyarakat meskipun dalam masa PPKM dengan berkomitmen untuk melanjutkan dana Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional,” ujar Faizal. 

Dia menjelaskan, di masa perpanjangan PPKM Level 4 dan Level 3 yang berlaku hingga 23 Agustus 2021, proses pendistribusian bansos tunai menghadapi tantangan tersendiri. 

Salah satu tantangan utama adalah pada sumber daya manusia (SDM) yang harus mengantarkan bansos tunai secara door to door akibat pengetatan mobilitas masyarakat terkait ketentuan PPKM Level 4 dan Level 3. 

“Teman-teman petugas di lapangan dalam proses distribusinya tetap merasa was-was karena harus bertemu dengan banyak orang, masyarakat penerima Bansos Tunai. Tapi ini kerja sosial, kita tetap optimalkan penyaluran dengan protokol kesehatan yang ketat. Kita pastikan petugas-petugas di kantor cabang pos sudah divaksin,” ungkap Faizal. 

Dia menuturkan, PT Pos Indonesia akan terus mendukung upaya pemerintah dalam percepatan pemulihan ekonom. Untuk itu, penyaluran Bansos Tunai baik terkait kebijakan PPKM Darurat maupun realisasi program PEN akan dilakukan sesuai target.

“Kami mendukung program-program dan kebijakan dari pemerintah dalam memperkuat kembali ekonomi nasional. Progres penyaluran Bantuan Sosial Tunai selama tahun 2021 mencapai 98 persen di seluruh wilayah Indonesia. Target kita hingga Agustus bisa tersalurkan 100 Persen," ujar Faizal.

Editor : Jeanny Aipassa

Bagikan Artikel: