Berawal dari Jual Sepatu Olahraga dengan Harga Murah, Pria Ini Masuk Jajaran Miliarder India

Aditya Pratama · Senin, 16 Mei 2022 - 12:20:00 WIB
Berawal dari Jual Sepatu Olahraga dengan Harga Murah, Pria Ini Masuk Jajaran Miliarder India
Pendiri Campus Activewear, Hari Krishan Agarwal masuk dalam jajaran miliarder India. Perjalannya dimulai dengan menjual sepatu olahraga di bawah 10 dolar AS. (Foto: Campus Activewear)

NEW DELHI, iNews.id - Pendiri Campus Activewear, Hari Krishan Agarwal masuk dalam jajaran miliarder India. Dia masuk jajaran orang kaya di negara tersebut setelah harga saham produsen sepatu olahraga itu meningkat 23 persen dari harga IPO.

Dikutip dari Forbes, Agarwal memiliki 74 persen saham di Campus Activewear yang saat ini nilainya mencapai 1 miliar dolar AS atau setara Rp14,67 triliun. 

Industri alas kaki India senilai 9 miliar dolar AS telah melahirkan tiga miliarder dalam beberapa tahun terakhir. Saudara Mukand Lal Dua dan Ramesh Kumar Dua yang berbasis di Delhi yang menjalankan Relaxo Footwear pendapatannya mencapai 350 juta dolar AS. Perusahaan tersebut menjual segala sesuatu mulai dari sandal kasual hingga sepatu formal. Kemudian, Rafique Malik dengan perusahaan Metro Brands mencatatkan pendapatan sebesar 107 juta dolar AS.

Adapun langkah awal Agrawal menjadi wirausaha dimulai pada 1983, di mana saat itu dia mendirikan merek sepatu olahraga "Action". Kemudian, pada 2005 dia meluncurkan sepatu olahraga dengan merek Campus dengan harga di bawah 10 dolar AS atau setara Rp146.764.

Penetapan harga membantu Campus membuat langkah yang cukup besar untuk bersaing dengan merek global seperti Nike, Adidas, dan Puma yang menjual sepatu olahraga dengan harga lebih dari 35 dolar AS atau setara Rp513.675.

“Dia memanfaatkan kekosongan besar di pasar sepatu olahraga India dalam kisaran harga 10 dolar AS hingga 40 dolar AS,” ujar kepala keuangan Campus, Raman Chawla dikutip, Senin (16/5/2022).

Editor : Aditya Pratama

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: