Bergabung di Grab dan OVO, 500.000 UMKM Baru Ciptakan 1 Juta Lapangan Kerja

Lebih lanjut, Neneng mengatakan berbagai inisiatif akan terus dilanjutkan untuk memfasilitasi UMKM dalam mengembangkan usaha, seperti program pelatihan digital di aplikasi GrabMerchant, dan portal informasi satu pintu melalui akun Instagram @GrabMerchantID.
Adapun tiak hanya pelaku UMKM di bidang kuliner, Grab dan OVO juga terus mendorong digitalisasi pedagang paspasar. "Ribuan pedagang pasar telah bergabung dengan Grab melalui GrabMart Pasar di 26 kota di seluruh Indonesia,” kata Neneng.
Disisi lain, Menteri Koperasi dan UKM Republik Indonesia, Teten Masduki mengatakan bahwa pihaknya menyambut baik inisiatif Grab dan OVO yang terus mendukung dan memfasilitasi UMKM untuk melakukan transformasi digital.
"UMKM memiliki posisi dan peran strategis dalam perekonomian Indonesia dengan kontribusi PDB Indonesia sebesar 61% dan menyerap tenaga kerja sebesar 97 persen,” kata Teten.
Menurut data Kemenkop UKM, ada sekitar 22 juta lebih UMKM yang sudah onboarding dan pada 2023 akan ditargetkan ada 24 juta UMKM yang masuk ekosistem digital.
Editor: Jeanny Aipassa