Berikut Isi Deklarasi Negara G20 di Riyadh Summit 2020  

Michelle Natalia · Senin, 23 November 2020 - 07:00:00 WIB
Berikut Isi Deklarasi Negara G20 di Riyadh Summit 2020   
Para pemimpin negara G20 menyampaikan deklarasi pada akhir pertemuan di Riyadh Summit 2020. (Foto: AFP)

RIYADH, iNews.id - Para pemimpin negara G20 menyampaikan deklarasi pada akhir pertemuan di Riyadh Summit 2020. Termasuk kesepakatan langkah-langkah yang akan diambil untuk melindungi kehidupan dan membentuk masa depan lebih baik.

“Kami para pemimpin negara-negara G20, bertemu untuk kedua kalinya di bawah kepemimpinan Saudi, bersatu dalam keyakinan kami aksi global yang terkoordinasi, solidaritas, dan kerja sama multilateral lebih diperlukan untuk mengatasi segala tantangan dan mewujudkan peluang di abad ke-21 untuk semua dengan memberdayakan manusia, menjaga planet, dan membentuk batas baru," ujar negara-negara G20 dalam pernyataan tertulis di Riyadh, Arab Saudi, Minggu (22/11/2020).

Deklarasi tersebut selanjutnya menyerukan pemulihan dan masa depan yang lebih baik dengan mengadopsi kebijakan untuk memastikan konektivitas dan akses yang setara ke teknologi dan peluang untuk semua dengan fokus pada wanita, pemuda, dan kelompok yang paling rentan.

"Kami mengambil tindakan segera dan luar biasa untuk mengatasi pandemi Covid-19 dan dampak kesehatan, sosial dan ekonomi yang terkait termasuk melalui penerapan tindakan stabilitas fiskal, moneter dan keuangan yang belum pernah terjadi sebelumnya. Kami mengakui peran imunisasi ekstensif sebagai barang publik global," kata G20.

Para pemimpin negara-negara G20 turut memuji kepemimpinan Saudi karena memulai diskusi tentang perlunya solusi jangka panjang untuk mengatasi kesenjangan dalam kesiapsiagaan dan tanggapan pandemi global, termasuk proposalnya untuk membangun akses ke keperluan pandemi. Mereka juga berharap untuk melanjutkan diskusi ini selama kepemimpinan Italia nanti.

Editor : Dani M Dahwilani

Halaman : 1 2