Bertahan di Masa Pandemi, Buka Usaha Franchise Jadi Alternatif

Riyandy Aristyo · Selasa, 08 Desember 2020 - 01:09:00 WIB
Bertahan di Masa Pandemi, Buka Usaha Franchise Jadi Alternatif
Bertahan di masa pandemi Covid-19, pelaku usaha dituntut produktif dan kreatif.  (Foto: Ilustrasi/Janiking)

JAKARTA, iNews.id - Bertahan di masa pandemi Covid-19, pelaku usaha dituntut produktif dan kreatif. Berbagai krisis diyakini bisa dihadapi walau dalam keterbatasan.

Seperti yang dilakukan Madame Dewin, pemilik usaha Bakso Semox Madame Dewin. Meski pandemi banyak meruntuhkan usaha kecil menengah (UKM), namun mereka justru mengembangkan sayap. Bahkan, mereka membuka lima cabang di Jakarta dan Tangerang. 

"Optimistis itu harus terus dibangun. Karenanya saya jatuh cinta sama frenchise Raffi express," ujar Madame Dewin yang kini mulai mencoba bisnis lewat franchise kekinian

Madame kepicut lantaran Ritz star dan Babarafi meluncurkan produk franchise Raffi Express di Cafe Baba Rafi, Bintaro, Tanggerang Selatan. Menurutnya, Raffi Express dengan Konse.p Cloud kitchen (dapur satelit) ghost kitchen adalah hal yang menjanjikan.

Sebab restoran dengan konsep ini bisa ditempel di mana saja. "Kamu punya Ruko, warteg, resto, atau bahkan di dapur rumah sudah bisa jalankan usaha Raffi Express. Restoran cloud kitchen juga biasanya bekerja sama dengan layanan antar pesan pihak ketiga, seperti Go-Food atau GrabFood di Indonesia," katanya.

Editor : Dani M Dahwilani

Halaman : 1 2