Besok, Petani Sawit Bakal Gelar Demonstrasi Buntut Larangan Ekspor CPO

Iqbal Dwi Purnama ยท Senin, 16 Mei 2022 - 15:05:00 WIB
Besok, Petani Sawit Bakal Gelar Demonstrasi Buntut Larangan Ekspor CPO
Asosiasi Petani Sawit Petani Kelapa Sawit Indonesia bakal menggelar demonstrasi di Jakarta besok, Selasa (16/5/2022). (foto: dok iNews)

JAKARTA, iNews.id - Asosiasi Petani Sawit Petani Kelapa Sawit Indonesia (Apkasindo) bakal menggelar demonstrasi di Jakarta besok, Selasa (16/5/2022). Aksi ini terkait dengan kebijakan larangan ekspor crude palm oil (CPO) yang masih berlaku hingga saat ini.

Kalangan petani sawit menyampaikan, buntut dari larangan ekspor CPO membuat tandan buah segar (TBS) di tingkat petani banyak yang tidak terserap oleh perusahaan. Hal tersebutlah yang membuat harga TBS anjlok saat ini.

Aksi tersebut bakal dilakukan di Jakarta mulai pukul 09.00 WIB dengan titik aksi di Kantor Kementerian Koordinator Perekonomian RI dan Patung Kuda, untuk selanjutnya direncanakan bertemu Presiden Joko Widodo di Istana Negara.

Ketua Umum DPP Apkasindo, Gulat ME Manurung mengatakan, aksi yang dilakukan besok bakal diikuti oleh seluruh daerah di Indonesia, mulai dari Aceh hingga Papua Barat.

"Petani sawit yang datang ke Jakarta mulai dari Aceh sampai Papua Barat akan berpakaian adat-budaya masing-masing. Kami ingin menunjukkan sawit itu pemersatu bangsa dan anugerah Tuhan kepada Indonesia," ujar Manurung dalam keterangan tertulisnya, Senin (16/5/2022).

Manurung menambahkam, setidaknya dalam aksi yang dilakukan besok oleh para petani setidaknya bakal membawa lima pesan kepada pemerintah. Pertama, menyampaikan aspirasi kepada Presiden Joko Widodo supaya melindungi 16 juta petani sebagai dampak turunnya harga TBS sawit sebesar 70 persen di 22 provinsi.

Editor : Aditya Pratama

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda