Bisnis Waralaba Diprediksi Baru Bisa Pulih Tahun Depan
Dia menambahkan, hikmah seperti itu terjadi beberapa tahun silam. Di mana bisnis waralaba lokal mulai naik daun setelah krisis moneter.
"Waralaba Indonesia pun mulai berkembang setelah krismon. Saat itu waralaba lokal mulai naik daun, yang asing memang berkurang. Nah, ini mungkin akan terulang lagi. Saatnya waralaba lokal mengembangkan bisnis di negeri sendiri, bahkan bisa ekspansi waralaba ke luar negeri," katanya.
Levita juga mendorong pelaku usaha untuk terus mengembangkan kreativitas sebagaimana yang banyak dilakukan masyarakat di tengah pandemi dengan mulai membuka usaha.
"Ini saatnya kita menunjukkan kreativitas untuk melakukan lebih dari sebelumnya. Sekarang juga banyak entrepreneur baru, entah korban Covid, korban PHK atau dirumahkan. Ini jadi semangat baru untuk kita memulai usaha, khususnya waralaba, karena semua bisnis di Indonesia bisa diwaralabakan," ujarnya.
Editor: Dani M Dahwilani