Bos Pertamina Beberkan Data Pengguna Solar dan Pertalite, Simak Rinciannya!

Mochamad Rizky Fauzan ยท Kamis, 08 September 2022 - 20:06:00 WIB
Bos Pertamina Beberkan Data Pengguna Solar dan Pertalite, Simak Rinciannya!
Dirut Pertamina Nicke Widyawati beberkan data pengguna Solar dan Pertalite, simak rinciannya!. (Foto: dok SINDO)

JAKARTA, iNews.id - Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati mengatakan, mayoritas subsidi Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis Solar dan Pertalite selama ini dinikmati oleh orang yang mampu. Dia pun membeberkan data pengguna BBM subsidi tersebut.

Berdasarakan Survei Sosial Ekonomi Nasional (Susenas), pengguna BBM subsidi 80 persen adalah orang mampu. Sedangkan sisanya, yang 20 persen adalah orang tidak mampu yang menikmati BBM subsidi.

"Data Susenas memaparkan masyarakat Indonesia yang dibagi jadi 10 desil (kelompok), di mana kalau kita lihat Solar sampai dengan desil 1-4 (masyarakat golongan pendapatan rendah) hanya konsumsi 20 persen saja. Kemudian, 80 persen desil 5 ke atas," kata Nicke dalam rapat kerja dengan Komisi VI, Gedung DPR Jakarta, Kamis (8/9/2022).

Sementara data dari Pertamina, komposisi pengguna Solar subsidi, mayoritasnya atau sekitar 74 persen merupakan kendaraan darat. Sedangkan industri perikanan sekitar 13,6 persen, industri pertanian 6,6 persen, transportasi khusus 5,1 persen, industri kecil 0,5 persen, dan pelayanan umum 0,3 persen.

Dari 74 persen kendaraan darat, menurutnya, 60 persen di antaranya adalah kendaraan barang. Rinciannya, 38 persen kendaraan logistik bermuatan tertentu, 22 persen kendaraan logistik bermuatan tidak tertentu, kemudian 13 persen truk tambang dan perkebunan, serta mobil barang 9 persen.

"Secara umum barang logistik mencapai 60 persen lebih," ujar Nicke.

Sisanya, pengguna solar adalah bus penumpang menggunakan 9,6 persen dan kendaraan layanan umum sebesar 0,6 persen.

Editor : Jujuk Ernawati

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda