Bukalapak Sebut Infrastruktur Internet Masih Jadi Hambatan UMKM Go Online

Muhammad Aulia ยท Sabtu, 29 Februari 2020 - 14:05 WIB
Bukalapak Sebut Infrastruktur Internet Masih Jadi Hambatan UMKM Go Online

Bukalapak. (Foto: Ist)

JAKARTA, iNews.id - Bukalapak menyebut infrastruktur jaringan internet di Indonesia belum merata. Kondisi itu menjadi hambatan bagi pelaku UMKM untuk go online sebagai pendorong naik kelas.

Merchant Community and Engagement Lead Bukalapak Ian Agisti menyebut, Bukalapak sebagai platform e-commerce di Indonesia terus mendukung upaya pengembangan UMKM. Namun, infrastruktur internet masih menjadi kendala.

"Infrastruktur dalam konteks kita kan dorong mereka buat jadi online enterpreneur. Nah infrastruktur di Indonesia masih belum merata, itu salah satu hambatannya," ujar Ian di Jakarta, Sabtu (29/2/2020).

Menurut dia, infrastruktur yang memadai diperlukan karena Indonesia memiliki tantangan dari sisi geografis. Bukalapak tidak bisa berbuat banyak untuk mengatasi masalah tersebut.

Di samping itu, Ian mengatakan, Bukalapak terus mengedukasi UMKM. Saat ini, Bukalapak telah memiliki komunitas seller yang tersebar di 142 kota di seluruh Indonesia.

"(Komunitas) itu saja untuk merangkul mereka sangat sulit, karena menghadapi budaya itu jadi hal yang tak terpisahkan buat kita," ucap Ian.

Dalam komunitas itu, Bukalapak memberikan beragam materi edukasi yang penting bagi UMKM, termasuk isu literasi keuangan. Materi itu diberikan secara online lewat platform webinar.

"Hanya saja, sayangnya di beberapa daerah tertentu, koneksi (internet)-nya masih belum maksimal," ujarnya.

Editor : Rahmat Fiansyah