Cara Cek Saldo BP Tapera secara Online untuk PNS, Cepat Tanpa Ribet

Suparjo Ramalan ยท Selasa, 30 November 2021 - 10:37:00 WIB
Cara Cek Saldo BP Tapera secara Online untuk PNS, Cepat Tanpa Ribet
Cara cek saldo BP Tapera secara online untuk PNS, cepat tanpa ribet. (dok iNews)

JAKARTA, iNews.id - Peserta Badan Pengelola Tabungan Perumahan Rakyat (BP Tapera) bisa mengecek saldonya secara online. Cara cek saldo BP Tapera secara online untuk PNS alias Pegawai Negeri Sipil cepat dan tanpa ribet. 

Peserta Tapera yang merupakan PNS berstatus aktif pada Agustus 2020 sudah bisa mengakses layanan cek saldo melalui portal kepesertaan Sitara, https://www.sitara.tapera.go.id.  

Adapun, saldo awal peserta Tapera dikelola sesuai amanat Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 25 Tahun 2020 tentang Penyelenggaraan Tapera melalui Kontrak Pengelolaan Dana Tapera (KPDT) yang mulai efektif per 14 Juni 2021, dengan Nilai Aktiva Bersih (NAB) sebesar Rp1.000.

"NAB akan terus meningkat sesuai dengan hasil pengembangan investasi melalui instrumen keuangan yang aman, antara lain obligasi pemerintah dan deposito perbankan, baik konvensional maupun syariah," kata Komisioner BP Tapera Adi Setianto, dikutip dari tapera.go.id, Selasa (30/11/2021). 

Berikut ini cara cek saldo BP Tapera secara online untuk PNS:

1. Kunjungi laman https://sitara.tapera.go.id/peserta/login

2. Lakukan registrasi dengan menggunakan Nomor Induk Kependudukan (NIK) atau alamat email

3. Kemudian perserta akan mendapatkan kode OTP yang dikirim lewat email 

4. Selanjutnya, masukkan kode OTP tersebut

5. Masuk ke halaman Informasi untuk mengakses informasi atau saldo tabungan

Dana Tapera ini dapat dimanfaatkan peserta untuk pembiayaan perumahan dan dikembalikan sebagai tabungan pada saat pensiun. Namun bagi peserta yang memanfaatkan pembiayaan perumahan harus memenuhi persyaratan penghasilan maksimum Rp8 juta per bulan, belum pernah memperoleh pembiayaan perumahan baik melalui Bapertarum ataupun program pembiayaan perumahan lainnya dari pemerintah.

Pembiayaan digunakan untuk KPR rumah pertama atau pembangunan rumah pertama di atas tanah milik sendiri atau pasangan, atau renovasi rumah milik sendiri atau pasangan. Sementara untuk memberikan kemudahan bagi peserta yang sudah pensiun, dana simpanan dan imbal hasilnya akan dikembalikan secara otomatis ke rekening bank milik peserta yang terdaftar di BP Tapera.

Itulah cara saldo BP Tapera secara Online untuk PNS, yang bisa dilakukan di mana saja, cepat, dan tanpa ribet.

Editor : Jujuk Ernawati

Bagikan Artikel: