China Habiskan Rp124,6 Triliun untuk Impor Energi dari Rusia hanya dalam 1 Bulan

Dinar Fitra Maghiszha ยท Rabu, 21 September 2022 - 06:27:00 WIB
China Habiskan Rp124,6 Triliun untuk Impor Energi dari Rusia hanya dalam 1 Bulan
China habiskan Rp124,6 triliun untuk impor energi dari Rusia hanya dalam 1 Bulan

BEIJING, iNews.id - China menghabiskn 8,3 miliar dolar AS atau setara Rp124,65 triliun untuk mengimpor minyak, gas, dan batu bara Rusia pada Agustus 2022. Itu berdasarkan data resmi bea cukai China. 

China telah mengimpor energi Rusia senilai 44 miliar dolar AS, yang memecahkan rekor dalam enam bulan sejak Rusia menginvasi Ukraina pada Februari 2022 lalu. Pengeluaran bahan bakar China pada bulan lalu melonjak 68 oersen dibanding dengan periode yang sama tahun sebelumnya. 

Mengutip Business Insider, Rusia telah beralih ke China sebagai mitra ekspor energi. Pasalnya, sekutu Barat menghindari Rusia sejak menginvasi Ukraina. 

Uni Eropa telah melakukan upaya untuk melepaskan diri dari energi Rusia sejak Februari, di mana anggotanya menyetujui melakukan embargo minyak secara parsial pada Mei dan akan mulai berlaku pada Desember mendatang. Sementara Amerika Serikat (AS) telah berjanji menghapus impor minyak Rusia dan mendesak negara-negara lain mendukung proposalnya untuk pembatasan harga minyak Rusia.

Rusia telah memangkas ekspornya ke Eropa sebagai tindakan balas dendam, dengan raksasa energi milik negara Rusia, Gazprom menutup pipa gas alam Nord Stream 1 ke Jerman pada bulan lalu. Akibatnya mereka mencari alternatif untuk mencapai target penyimpanan gas musim dingin.

Editor : Jujuk Ernawati

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda