Impor Batu Bara China dari Rusia dan RI Melonjak gegara Harga Murah hingga Panas Ekstrem

Dinar Fitra Maghiszha · Selasa, 20 September 2022 - 18:00:00 WIB
Impor Batu Bara China dari Rusia dan RI Melonjak gegara Harga Murah hingga Panas Ekstrem
Impor batu bara China dari Rusia dan RI melonjak gegara harga murah hingga panas ekstrem. (Foto: Ilustrasi/ist)

BEIJING, iNews.id - China melakukan impor batu bara dari Rusia dan Indonesia gede-gedean pada Agustus 2022 lalu. Itu dilakukan karena harga murah dan tingginya permintaan akibat cuaca panas yang ekstrem di negara tersebut.  

Mengutip Reuters, data Administrasi Umum Kepabeanan China menunjukkan, impor batu bara China dari Rusia naik pada Agustus 2022, melebihi level bulan lalu dan mencapai level tertinggi dalam lima tahun. Volume impor batu bara dari Rusia pada bulan lalu mencapai 8,54 juta ton, naik dari Juli sebanyak 7,42 juta ton dan 57 persen lebih tinggi dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Impor batu bara dari Rusia telah melonjak dalam beberapa bulan terakhir karena Eropa menangguhkan pembelian dari negara itu setelah Moskow menginvasi Ukraina. Hal itu memaksa Rusia menjual batu baranya dengan harga diskon besar-besaran.

Para trader mengatakan, harga batu bara Rusia saat ini telah naik karena China dan India meningkatkan pembelian. Namun harganya masih lebih murah dibanding batu bara domestik dengan kualitas yang sama.

Editor : Jujuk Ernawati

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda