Colin Huang Kehilangan Ratusan Triliun, Miliarder dengan Kerugian Terbesar Tahun Ini

Aditya Pratama ยท Minggu, 19 September 2021 - 08:08:00 WIB
Colin Huang Kehilangan Ratusan Triliun, Miliarder dengan Kerugian Terbesar Tahun Ini
Colin Huang kehilangan ratusan triliun, miliarder dengan kerugian terbesar tahun ini. (Foto: Ist)

BEIJING, iNews.id - Pendiri platform e-commerce China Pinduoduo Inc atau PDD, Colin Huang kehilangan banyak kekayaannya tahun ini dibanding miliarder lainnyanya di dunia. Hal tersebut disebabkan saham perusahaan teknologinya anjlok akibat tindakan keras pemerintah China. 

Menurut Bloomberg Billionaires Index, Hong telah kehilangan lebih dari 27 miliar dolar Amerika Serikat (AS) atau sekitar Rp384,11 triliun. Kerugian tersebut merupakan yang terbesar di antara 500 anggota indeks, jauh lebih besar dari kerugian yang diderita Ketua Grup Evergrande China Hui Ka Yan sebesar 16 miliar dolar AS karena tumpukan utang. 

Seruan Presiden China Xi Jinping tentang kemakmuran bersama dan mengendalikan perusahaan-perusahaan swasta telah memberi imbas besar pada miliarder negara itu. Saham Pinduoduo telah merosot tajam tahun ini dibanding Alibaba Group Holding Ltd atau Tencent Holding Ltd. 

"PPD lebih rentan terhadap tindakan keras China dibandingkan dengan rekan-rekannya dengan model yang matang dan menguntungkan, seperti Alibaba dan Tencent. Itulah alasan utama kinerja saham tertinggal dari perusahaan teknologi lainnya," kata ahli strategi sekuritas di Everbright Sun Huang Kai Co, dikutip dari Bloomberg, Minggu (19/9/2021).

Editor : Jujuk Ernawati

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: