Covid-19, Pengemudi GrabCar Dapat Keringanan Biaya Rental Plus Uang Tunai

Suparjo Ramalan ยท Senin, 06 April 2020 - 19:08 WIB
Covid-19, Pengemudi GrabCar Dapat Keringanan Biaya Rental Plus Uang Tunai

Aplikasi Grab. (Foto: Okezone)

JAKARTA, iNews.id - Grab Indonesia memberikan bantuan kepada mitra pengemudi taksi online (GrabCar). Bantuan itu untuk meringankan beban pengemudi yang terdampak Covid-19.

Managing Director Grab Indonesia, Neneng Goenadi mengatakan, Grab telah menyiapkan skema bantuan sejak awal penyebaran virus corona. Namun untuk saat ini, bantuan diberikan bagi mitra pengemudi GrabCar yang terdaftar sebagai anggota PT Teknologi Pengangkutan Indonesia (TPI).

"Grab bersama perusahaan rental kendaraan PT TPI akan meluncurkan program yang diharapkan dapat membantu keberlangsungan pendapatan mitra pengemudi melalui dukungan pihak perbankan," kata Neneng, Senin (6/4/2020).

Sejumlah bantuan tersebut di antaranya penundaan biaya rental mobil hingga dua bulan ke depan serta pemberian uang tunai sebagai bagian dari program loyalitas mitra yang tergabung dalam TPI. Kendati demikian, tak disebutkan berapa uang tunai yang diperoleh.

Neneng mengatakan, mitra pengemudi GrabCar akan tetap mendapatkan manfaat asuransi kesehatan, asuransi jiwa, dan program beasiswa bagi putra-putri mereka. Bantuan ini akan dievaluasi setelah periode dua bulan ke depan.

"Berbagai inisiatif ini merupakan bagian dari komitmen Grab untuk melindungi kesejahteraan para mitra pengemudinya," kata dia.

Sementara untuk pengemudi secara umum, kata Neneng, Grab bersama Otoritas Jasa Keuangaa (OJK) dan Asosiasi Perusahaan Pembiayaan Indonesia (APPI) tengah mendata mitra pengemudi GrabCar dan GrabBike yang menjadi debitur bank atau leasing.

"Melalui pendataan ini diharapkan pengajuan restrukturisasi dari pinjaman para mitra dapat diajukan secara kolektif oleh Grab kepada APPI yang nantinya akan disampaikan kepada perusahaan leasing yang menjadi anggota mereka," ujarnya.

Editor : Rahmat Fiansyah