Dari Jualan Bibit Sayuran, Keluarga Ini Jadi Owner Perusahaan Peternakan Terbesar di Dunia

Advenia Elisabeth ยท Minggu, 02 Oktober 2022 - 13:30:00 WIB
Dari Jualan Bibit Sayuran, Keluarga Ini Jadi Owner Perusahaan Peternakan Terbesar di Dunia
Dhanin Chearavanont, Ketua Senior Charoen Pokphand, salah satu perusahaan peternakan terbesar di dunia. Foto: https://www.cpgroupglobal.com/

BANGKOK, iNews.id - Chearavanont bersaudara adalah salah satu keluarga terkaya di Thailand. Pada 2017, sosok di balik kesuksesan Charoen Pokphand Group ini pernah menjadi keluarga terkaya keempat di Asia menurut versi Forbes, dengan kekayaan mencapai 36,6 miliar dolar AS. 

Sementara pada awal tahun ini, Chearavanont berada di peringkat keluarga terkaya kelima di Asia dan kedua di Asia Tenggara (ASEAN) menurut Bloomberg. Pada Januari 2022, kekayaan keluarga Chearavanont tercatat sebesar 30 miliar dolar AS. 

Charoen Pokphand merupakan salah satu produsen ternak dan pakan ternak terbesar di dunia. Perusahaan ini memproduksi makanan olahan seperti nugget Fiesta, Champ hingga makanan untuk ternak yang tersebar di wilayah Indonesia.

Kesuksesan Charoen Pokphand Group dimulai dari sosok Chia Ek Chor yang melarikan diri dari desanya yang dilanda topan di China selatan dan memulai hidup baru di Thailand. Dia bersama saudaranya Choncharoen Chiaravanont memulai toko yang menjual bibit sayuran impor dari China untuk para petani di Thailand pada 1921.

Setelah menjalankan bisnis selama bertahun-tahun, Chia menunjuk putra keempatnya Dhanin Chearavanont menjadi ketua senior Charoen Pokphand Group pada 1969. Dia bersama saudara-saudaranya, yakni Jaran Chiaravanon, Montri Jiaravanon, dan Sumet Jiaravanon melanjutkan bisnis keluarga.

Mereka mengubah bisnis keluarga menjadi perusahaan konglomerasi peternakan terbesar di negara itu. Charoen Pokphand memproduksi pakan ternak dan mengoperasikan peternakan yang memproduksi anak babi, ayam broiler, bebek, udang, dan ikan.

Editor : Jujuk Ernawati

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda