Sempat Putus Sekolah, Pria Ini Jadi Orang Terkaya China dari Jualan Air Minum Kemasan

Advenia Elisabeth ยท Selasa, 13 September 2022 - 08:19:00 WIB
Sempat Putus Sekolah, Pria Ini Jadi Orang Terkaya China dari Jualan Air Minum Kemasan
Sempat putus sekolah, Zhong Shanshan jadi orang terkaya China dari jualan air minum kemasan. (Foto: Okezone)

BEIJING, iNews.id - Zhong Shanshan menjadi orang terkaya China. Kesuksesannya bukan dari industri teknologi atau investasi seperti kebanyakan miliarder lainnya di dunia, melainkan dari jualan air minum kemasan

Dia sukses mengalihkan mata air Nongfu menjadi air minum kemasan bernama Nongfu Spring yang banyak dikonsumsi. Menariknya, meski dia memiliki bisnis lain, namun sebagian besar pendapatannya masih berasal dari Nongfu. 

Perjalanan miliarder 67 tahun ini cukup berliku. Pria ini sempat tak lulus SD saat Revolusi Kebudayaan China saat masa Mao Zedong pada 1960-an. Kondisi yang kacau saat itu, yang memaksa dia putus sekolah. Namun dia bisa melewati masa-masa sulit tersebut dan melanjutkan pendidikannya pada 1970-an.

Saat akan kuliah, dia sempat gagal ujian masuk sebanyak dua kali. Namun dengan kegigihannya, dia berhasil diterima dan menuntaskan pendidikannya di universitas terbuka China. 

Zhong pun telah menjalani berbagai macam profesi. Dia pernah menjadi pekerja konstruksi dan agen penjual minuman. Dia juga pernah bekerja menjadi reporter berita selama lima tahun. 

Setelah berkelana menjadi pekerja di bawah arahan atasan, dia melihat peluang besar dalam bisnis air. Dia langsung memanfaatkan peluang tersebut dengan mendirikan perusahaan distributor air di China selatan, kemudian memproduksi produk kesehatan bernama Yangshengtang pada 1993.

Melihat kesuksesan dalam mendirikan perusahaan air pertamanya, Zhong mendirikan Mata Air Nongfu pada September 1996. Dengan air yang bersumber dari Danau Pulau Seribu Zhejiang atau juga dikenal sebagai Danau Qiandao, Nongfu secara resmi meluncurkan air minum kemasan pertamanya pada 1997.

Editor : Jujuk Ernawati

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda