Demo Larangan Ekspor CPO, 500 Truk TBS Bakal ke Jakarta Besok

Iqbal Dwi Purnama ยท Senin, 16 Mei 2022 - 15:41:00 WIB
Demo Larangan Ekspor CPO, 500 Truk TBS Bakal ke Jakarta Besok
Demo larangan ekspor CPO, 500 truk TBS bakal ke Jakarta besok

JAKARTA, iNews.id - Asosiasi Petani Sawit Petani Kelapa Sawit Indonesia (Apkasindo) menyatakan, larangan ekspor CPO membuat Tandan Buah Segar (TBS) sawit tidak terserap oleh perusahaan, sehingga harganya menjadi anjlok. Karena itu, Apkasindo akan membawa TBS kepada pemerintah sebagai bentuk protes larangan ekspor CPO pada demo besok, Selasa (17/5/2022).

Anggota Dewan Penasehat DPP Apkasindo T. Rusli Ahmad mengatakan, asosiasi petani sawit bakal menggelar aksi demo sebagai bentuk protes adanya larangan ekspor CPO. Menurutnya, dalam demo besok, ratusan truk TBS akan bergerak dari beberapa provinsi sawit ke Jakarta dengan membawa muatan TBS 5-7 ton per truk. 

"Enggak kebayang jika 500 truk TBS masuk kota Jakarta," kata dia dalam keterangannya, Senin (16/5/2022).

Kendati demikian, dia mengaku telah meminta kepada Ketua Umum Apkasindo untuk mengurungkan niat tersebut. 

"Saya dengar dari Ketum DPP Apkasindo Minggu (15/5/2022) sore bahwa truk yang bergerak dari Sumatera sudah putar kepala. Namun dari laporan Ketum, sebagian masih belum dapat dihubungi," sambungnya.

Rusli menjelaskan, kondisi yang terjadi ditingkat petani sawit saat ini harus segera diketahui oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Mengingat saat ini, harga minyak goreng Domestik (MGS) sudah perlahan turun dan sudah banyak tersedia di masyarakat. 

Adapun aksi bakal dilakukan di Jakarta mulai pukul 09.00 WIB dengan titik aksi di Kantor Kementerian Koordinator Perekonomian RI dan Patung Kuda. Selanjutnya direncanakan bertemu dengan Presiden Jokowi di Istana Negara.

Editor : Jujuk Ernawati

Bagikan Artikel: