Deretan Presiden Terkaya di Dunia: Paling Tajir Putin, Segini Kekayaannya

Viola Triamanda ยท Selasa, 17 Mei 2022 - 14:28:00 WIB
Deretan Presiden Terkaya di Dunia: Paling Tajir Putin, Segini Kekayaannya
Deretan presiden terkaya di dunia: paling tajir Putin, segini kekayaannya

JAKARTA, iNews.id - Presiden Uruguay ke-40 Jose Alberto Mujica disebut-sebut sebagai presiden termiskin di dunia. Sementara ada beberapa kepala negara yang disebut sebagai presiden terkaya di dunia. 

Bahkan diperkirakan kekayaan para pemimpin negara ini mencapai ratusan hingga Rp1.000 triliun lebih. Di antara sejumlah pemimpin dunia, Presiden Rusia Vladimir Putin diperkirakan menjadi presiden terkaya di bumi.  

Selain Putin, ada sejumlah pemimpin dunia yang memiliki kekayaan fantastis. Berikut 10 kepala negara dengan kekayaan yang melimpah dari peringkat 10 hingga 1, dikutip dari berbagai sumber: 

10. Mohammed VI

Raja Maroko yang naik takhta sejak kematian ayahnya, Raja Hassan pada 1999 lalu ini memiliki kekayaan bersih sebesar 2,1 miliar dolar AS atau sekitar Rp30,75 triliun. Setelah diangkat menjadi raja, dia berjanji menghapus dan menangani korupsi serta menciptakan lapangan kerja dan meningkatkan penanganan HAM.

9. Tamim bin Hamad al-Thani

Tamim memerintah Qatar sejak 2013. Tahun pertama kepemimpinannya berjalan kurang baik, di mana Qatar mengalami konflik dengan negara-negara Teluk lainnya. Bahkan pada 2017, Arab Saudi, Uni Emirat Arab, Mesir dan Bahrain memutuskan hubungan dengan Qatar, dan memberlakukan blokade ekonomi. Namun, akhirnya di Tamim berhasil memperbaiki hubungan antara Qatar dan negara Teluk.

Saat ini diketahui total kekayaan bersih pemimpin Qatar ini sebesar 2,6 miliar atau setara Rp38 triliun.

8. Sebastian Pinera 

Sebastian adalah presiden Chili. Posisinya sekarang ini menyusul keputusan politiknya pada periode Desember 2014. Selain sebagai politikus, dia adalah pengusaha, manajer keuangan, dan analis pasar. Kekayaan bersihnya diperkirakan sebesar 2,9 miliar atau sekitar Rp42,5 triliun. 

7. Hans-Adams II

Hans-Adams II adalah pemimpin Liechtenstein, di kawasan Eropa. Meski memiliki wilayah kekuasaan kecil, namun rajanya dikenal sebagai salah satu pemimpin terkaya di dunia, dengan kekayaan bersih mencapai total 3,5 miliar dolar AS atau sekitar Rp51,25 triliun. 

Kekayaan hans-Adams II didapat dari kepemilikan sejumlah lahan, bank swasta, dan investasi yang ekstensif. Dia juga memiliki sejumlah koleksi karya seni yang dipajang di sebuah museum umum di Vaduz dan Wina, Austria.

6. Mohammed bin Rashid al-Maktoum

Mohammed bin Rashid al-Maktoum adalah penguasa Dubai. Dia berperan dalam perubahan total Dubai. Di bawah kepemimpinannya, Dubai bertransformasi menjadi kota kelas dunia. 

Dia juga dikenal sebagai salah satu pemimpin terkaya di dunia, dengan kekayaan bersih mencapai 14 miliar dolar AS atau sekitar Rp205 triliun.

Editor : Jujuk Ernawati

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:








Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda