Dilusi Saham Negara di Garuda Indonesia, Erick Thohir: Tunggu Setelah PKPU
Saat ini, lanjutnya, saham negara mencapai 60,5 persen, Trans Airways sebanyak 28,2 persen, sisanya milik publik sebesar 11,1 persen. Pengurangan persentase saham negara tersebut untuk mengurangi utang emiten penerbangan plat merah yang mencapai 9,8 miliar dolar AS atau setara Rp139 triliun.
Penyelamatan utang Garuda Indonesia memang ditempuh melalui restrukturisasi dengan skema Kewajiban Pembayaran Utang. Dalam restrukturisasi itu, Garuda setidaknya membutuhkan pendanaan pemerintah sebesar 527 juta dolar AS atau setara Rp7,5 triliun.
Hal ini bisa terdiri dari pendanaan interim senilai 90 juta dolar AS dalam bentuk senior secured loan, serta pendanaan tambahan sebesar 437 juta dolar AS sebagai bentuk kebutuhan dana setelah proses restrukturisasi selesai.
Editor: Jeanny Aipassa