Dukung Literasi dan Inklusi Asuransi di Indonesia, Prudential Tingkatkan Standar Agen
JAKARTA, iNews.id - PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) berupaya mendukung perluasan literasi dan inklusi asuransi di Indonesia. Upaya tersebut dilakukan melalui peningkatan standar agen asuransi, dari sisi profesionalisme maupun pelayanan.
Chief Agency Officer Prudential Indonesia, Rusli Chan, mengatakan agen asuransi berperan penting sebagai pendorong pemahaman masyarakat terkait literasi dan inklusi keuangan terutama asuransi. Hal itu, disebabkan inklusi literasi asuransi di Indonesia masih rendah.
Berdasarkan Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan (SNLIK) OJK pada tahun 2022, indeks literasi asuransi masyarakat Indonesia sebesar 31,72 persen lebih rendah dibandingkan perbankan sebesar 49,93 persen. Tingkat inklusi asuransi bahkan lebih rendah lagi, hanya mencapai 16,63 persen dan jauh di bawah perbankan yang mencapai 74,03 persen.
“Agen Prudential Indonesia adalah agen perubahan, garda terdepan kami dalam mendorong literasi dan inklusi keuangan di Indonesia. Mereka membantu masyarakat dapat merasakan manfaat terlindungi asuransi secara optimal, dan memiliki ketahanan finansial yang terjaga kokoh, termasuk menghadapi risiko kehidupan di masa kini dan mendatang,” ujar Rusli, dalam keterangan dikutip Jumat (3/3/2023).
Dia menjelaskan, Prudential berkomitmen membantu masyarakat Indonesia menjadi lebih berdaya bersama asuransi dengan terus meningkatkan standar kualitas pelayanan dan profesionalisme para agennya yang berjumlah lebih dari 150.000 orang di 2022.