Elon Musk Pamer Prototipe Robot Optimus Garapan Tesla, Harganya Rp306 Juta

Jeanny Aipassa ยท Sabtu, 01 Oktober 2022 - 12:14:00 WIB
Elon Musk Pamer Prototipe Robot Optimus Garapan Tesla, Harganya Rp306 Juta
Optimus, robot humanoid garapan Tesla. (Foto: Reuters)

SAN FRANCISCO, iNews.id - Elon Musk memamerkan prototipe robot humanoid yang diberi nama Optimus, yang sedang digarap Tesla (TSLA.O). Robot humanoid yang terinspirasi dari Optimus di film Iron Man itu, akan dijual di bawah 20.000 dolar AS atau sekitar Rp306,074 juta. 

"Masih banyak pekerjaan yang harus dilakukan untuk menyempurnakan Optimus dan membuktikannya," kata Musk pada acara AI Day yang diadakan di kantor Tesla, di Palo Alto, California, Jumat (30/9/2022).

Saat dipamerkan, prototipe robot humanoid Tesla yang dikembangkan mulai Februari 2022 itu, berjalan ke panggung sambil melambai kepada kerumunan hadirin. Tesla kemudian menunjukkan video Optimus melakukan tugas-tugas sederhana, seperti menyiram tanaman, membawa kotak, dan mengangkat batang logam di stasiun produksi di perusahaan California. 

Elon Musk mengatakan penyempurnaan masih terus dilakukan karena robot humanoid ada yang disebut "kehilangan otak" (kemampuan untuk memecahkan masalah sendiri). 

Menurut dia, Optimus akan menjadi robot yang sangat mampu memecahkan masalah sendiri, yang ingin diproduksi Tesla dalam jumlah besar. Terkait dengan itu, ELon Musk memperkirakan harga jualnya akan kurang dari 20.000 juta dolar AS.

Pihak Tesla mengakui bahwa ada banyak pekerjaan yang harus dilakukan untuk mencapai tujuan dari robot yang diproduksi secara massal dan berbiaya rendah, dengan menggunakan teknologi yang dirancang Tesla yang akan mampu menggantikan manusia di tempat kerja.

Sebelumnya, Toyota Motor (7203.T) dan Honda Motor (7267.T), telah mengembangkan prototipe robot humanoid yang mampu melakukan hal-hal rumit seperti menembak bola basket, dan robot produksi dari ABB dan lainnya. 

Tetapi Tesla menjadi pemain tunggal dalam mendorong peluang pasar untuk robot pasar massal yang juga dapat digunakan dalam pekerjaan pabrik.

Robot Optimus akan menggunakan komponen yang dirancang Tesla, termasuk paket baterai 2,3 kWh yang dibawa di tubuhnya, sistem chip, dan aktuator untuk menggerakkan anggota tubuhnya. Robot ini dirancang untuk memiliki berat 73 kg.

Elon Musk yang telah berbicara sebelumnya tentang risiko kecerdasan buatan, mengatakan peluncuran massal robot memiliki potensi untuk "mengubah peradaban" dan menciptakan "masa depan yang berlimpah, masa depan tanpa kemiskinan." 

Namun dia mengatakan dia yakin penting bahwa pemegang saham Tesla memiliki peran dalam memeriksa upaya perusahaan. "Jika saya menjadi gila, Anda bisa memecat saya. Ini penting," kata Musk.

Henri Ben Amor, seorang profesor robotika di Arizona State University, mengatakan target harga sebesar 20.000 dolar AS adalah "proposisi yang baik," karena biaya saat ini sekitar 100.000 dolar AS untuk robot humanoid.

"Ada beberapa perbedaan antara jenis ambisi dan apa yang mereka tampilkan. Ketika berbicara tentang kecepatan ketangkasan, kemampuan berjalan dengan stabil, dan sebagainya, masih banyak pekerjaan yang harus dilakukan," ujar Henri.

Aaron Johnson, seorang profesor teknik mesin di Carnegie Mellon University, juga mengatakan kebutuhan robot itu masih bisa diperdebatkan.

"Apa yang benar-benar mengesankan adalah bahwa mereka mencapai tingkat itu dengan sangat cepat. Yang masih agak kabur adalah apa sebenarnya yang mendorong mereka untuk menghasilkan jutaan robot ini, "kata Johnson.

Editor : Jeanny Aipassa

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda