Empat Bendungan Baru Selesai Akhir Tahun Ini, Ini Daftarnya

Michelle Natalia ยท Minggu, 18 Oktober 2020 - 10:58 WIB
Empat Bendungan Baru Selesai Akhir Tahun Ini, Ini Daftarnya

Bendungan Napun Gete di Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur. (Foto: Humas PUPR)

JAKARTA, iNews.id - Indonesia punya empat bendungan baru pada akhir tahun ini. Kehadiran bendungan tersebut untuk memperkuat ketahanan air dan pangan nasional.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menyebut, potensi air di Indonesia cukup tinggi sebesar 2,7 triliun m3 persegi per tahun.

Dari angka itu, air yang bisa dimanfaatkan 691 miliar m3 per tahun dan yang sudah dimanfaatkan 222 miliar m3 per tahun untuk berbagai keperluan seperti kebutuhan rumah tangga, peternakan, perikanan dan irigasi.

"Dengan potensi tersebut, keberadaannya tidak sesuai dengan ruang dan waktu, sehingga kita membutuhkan tampungan-tampungan air baru. Dengan begitu pada musim hujan air ditampung untuk dimanfaatkan pada musim kemarau. Itulah gunanya bendungan dan embung atau setu untuk menambah tampungan air,” katanya, Minggu (18/10/2020).

Direktur Jenderal Sumber Daya Air Kementerian PUPR Jarot Widyoko mengungkapkan empat bendungan yang merupakan Program Strategis Nasional (PSN) akan rampung pada akhir Desember 2020.

"Melalui percepatan pelaksanaan pekerjaan, empat bendungan yang akan selesai tersebut adalah Bendungan Tapin, Tukul, Napun Gete, dan Passeloreng," kata Jarot.

Editor : Rahmat Fiansyah

Halaman : 1 2 Tampilkan Semua