Enam Kisah Bisnis Inspiratif, Nomor Tiga Sevel

4. Focus on Ecosystem: The Go-Pay Story
Metamorfose Go-Jek dari transportation company menjadi financial services company merupakan model kesuksesan digital champion di Indonesia yang patut dicatat.
Awalnya Go-Jek memecah kebuntuan platform berbagi (sharing platform) yang kemudian menjadikannya pionir industri. Setelah sukses, ia kemudian melebarkan portofolio layanannya ke pasar-pasar lain. Maka meluncurlah layanan seperti Go-Food, Go-Send, Go-Box, Go-Massage, Go-Glam, hingga Go-Tix yang juga menuai sukses.
Go-Pay
Mengembangkan portofolio begitu banyak dan begitu cepat, Go-Jek mampu mengumpulkan crowd pelanggan yang cukup besar. Maka Go-Jek mulai mengembangkan ekosistem bisnisnya dengan menyediakan alat pembayaran untuk para warga di ekosistem bisnis Go-Jek. Maka lahirlah Go-Pay.
Pola sama yang terjadi di bisnis transportasi, diulang untuk bisnis layanan keuangan, yaitu Go-Pay melebarkan sayapnya ke berbagai lini layanan.
Dalam istilah Peter Thiele (Zero to One, 2014), Go-Jek sukses mengeksekusi inovasi 0 ke 1 yang betul-betul baru dan fresh. Dan kemudian melanjutkannya menjadi inovasi 1 ke n dengan penyempurnaan terus-menerus untuk melengkapi kesuksesan.