Erick Thohir Sebut 5G Mining Bisa Tingkatkan Produktivitas hingga Turunkan Biaya Operasional

Suparjo Ramalan · Kamis, 01 September 2022 - 13:24:00 WIB
Erick Thohir Sebut 5G Mining Bisa Tingkatkan Produktivitas hingga Turunkan Biaya Operasional
Menteri BUMN Erick Thohir saat peluncuran teknologi 5G Mining di kawasan PT Freeport Indonesia, Papua, Kamis (1/9/2022).  (Foto: YouTube Sekretariat Presiden)

JAKARTA, iNews.id - Menteri BUMN Erick Thohir memastikan PT Freeport Indonesia (PTFI) mengikuti jejak industri pertambangan di sejumlah negara seperti Amerika Serikat, China, dan Eropa. Hal tersebut terkait dengan pemanfaatan teknologi terbarukan untuk operasional pertambangan. 

Erick mencatat, dengan pemanfaatan teknologi 5G untuk operasional perusahaan, sejumlah industri pertambangan di beberapa negara berhasil meningkatkan produktivitasnya hingga 25 persen. Bahkan, biaya operasional berupa pengeboran mampu ditekan hingga 40 persen. Sementara, penghematan energi mencapai 20 persen.  

"5G mining ini sudah berjalan di Amerika, Swedia, Tiongkok, dan Rusia. Di mana hasil bisa meningkatkan produktivitas meningkat sampai 25 persen. Lalu, biaya operasional, itu pengeboran khususnya, bisa turun sampai 40 persen. Dan tentu penghematan energi sebesar 20 persen," ujar Erick saat peluncuran teknologi 5G Mining di kawasan PT Freeport Indonesia, Papua, Kamis (1/9/2022). 

Sebagai pemegang saham mayoritas, Kementerian BUMN memastikan akan terus melakukan benchmarking dengan industri pertambangan di luar negeri. Khususnya, pemanfaatan teknologi terbaru untuk operasional anggota MIND ID atau Holding BUMN Pertambangan. 

"Hal ini yang kita minta, akan kita coba benchmarking seluruh group MIND ID, tidak hanya operasional, tapi juga digitalisasi MIND ID," kata dia. 

Editor : Aditya Pratama

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda