Erick Thohir Minta Perusahaan BUMN Alihkan Proyek Kecil ke UMKM

Antara ยท Minggu, 28 Juni 2020 - 00:03 WIB
Erick Thohir Minta Perusahaan BUMN Alihkan Proyek Kecil ke UMKM

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengimbau perusahaan negara memprioritaskan proyek bernilai kecil dialihkan ke UMKM.

JAKARTA, iNews.id - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengimbau perusahaan negara memprioritaskan proyek bernilai kecil dialihkan ke pelaku industri Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Apa tujuannya?

"Nantinya, BUMN tidak boleh ikut tender apalagi yang kecil-kecil. Kita mau prioritaskan ke UMKM," ujar Menteri Erick dalam diskusi daring Sabtu (27/6/2020).

Dia menyebutkan prioritas ditujukan ke delapan jenis usaha, di antaranya pengadaan makanan dan minuman hingga alat berat. Menurut Erick, langkah ini dapat membuat pemerataan di dunia usaha bersama-sama tumbuh yang akhirnya mendongkrak perekonomian nasional.

"Ini tujuan ke depan dengan target Indonesia emas 2045, top lima besar ekonomi, pertumbuhan ekonomi 5,7 persen, populasi 319 juta dengan usia harapan hidup 75,5 tahun," katanya.

Ditopang sumber daya alam dan jumlah pewr Indonesia yang besar, Erick optimistis Indonesia akan mencapai tujuan itu.

"Indonesia bisa jadi negara besar karena dua hal, penduduk dan sumber daya alam. Kita jangan jadi pasar lagi. Kita punya yang namanya sumber daya alam, dan pasar yang sangat besar," ujarnya.

Editor : Dani Dahwilani