Freeport Didekati Perusahaan China Bangun Smelter Tembaga di Halmahera

Antara · Selasa, 08 Desember 2020 - 05:11:00 WIB
Freeport Didekati Perusahaan China Bangun Smelter Tembaga di Halmahera
Freeport Indonesia mengungkapkan tengah didekati perusahaan asal China, Tsingshan Steel yang ingin bermitra membangun smelter tembaga di Halmahera, Maluku Utara.  (Foto: Sindonews)

JAKARTA, iNews.id - PT Freeport Indonesia (PTFI) mengungkapkan tengah didekati perusahaan asal China, Tsingshan Steel yang ingin bermitra membangun smelter tembaga di Halmahera, Maluku Utara. Saat ini, belum ada kesepakatan antara kedua pihak.

"Di satu sisi memang benar kami di-approach (didekati) oleh Tsingshan yang berkeinginan membangun smelter tembaga di Halmahera dan kami masih dalam tahap pembicaraan," kata Presiden Direktur PTFI Tony Wenas dalam rapat dengar pendapat dengan Komisi VII DPR RI di Jakarta, Senin (7/12/2020).

Menurut Tony, pembicaraan antara kedua perusahaan masih dalam tahap awal mencakup metode yang akan digunakan, kapasitas smelter, jadwal pembangunan hingga target operasional. Namun, pihaknya sangat terbuka dengan penawaran pembangunan smelter tembaga di Indonesia, terlebih jika bisa lebih murah dan lebih cepat dari rencana perusahaan.

"Pada dasarnya kami sangat terbuka bagi siapapun juga yang mau bangun smelter tembaga di Indonesia. Apa bisa lebih murah dari kami atau lebih cepat dari kami, tentu saja kami terbuka untuk bermitra dengan mereka. Tapi, memang masih dalam tahap pembicaraan dengan Tsingshan," ujarnya.

Di sisi lain, lanjut Tony, progres pembangunan smelter Freeport di Gresik, Jawa Timur, masih terus berlanjut. Pada pekan lalu pihaknya telah tes piling di 16 titik.

Editor : Dani M Dahwilani

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda