Gairahkan Ekonomi Daerah, Sri Mulyani: Investasi KEK Capai Rp70,43 Triliun

Anggie Ariesta ยท Senin, 13 September 2021 - 17:23:00 WIB
Gairahkan Ekonomi Daerah, Sri Mulyani: Investasi KEK Capai Rp70,43 Triliun
Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati. (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNews.id - Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani, mengatakan keberadaan kawasan ekonomi khusus (KEK) mampu menggairahkan pertumbuhan ekonomi berbagai daerah di Indonesia. Saat ini, komitmen investasi di KEK tercatat mencapai Rp70,43 triliun. 

Menurut dia, ada tambahan 4 KEK baru, sehingga jumlah KEK di Indonesia yang sebelumnya berjumlah 15 kini menjadi 19. KEK tersebut bergerak di sektor-sektor yang makin bervariasi, salah satunya manufaktur. 

"Sektor manufaktur jelas merupakan sektor yang tradisional untuk KEK, namun saat ini kita juga memiliki KEK yang bergerak di bidang pariwisata, pendidikan dan ekonomi kreatif dan ini tersebar di seluruh kawasan Indonesia yang tentu memberikan alternatif bagi daerah-daerah Indonesia untuk bisa memacu pertumbuhan ekonominya," kata Sri Mulyani, dalam Webinar Kawasan Ekonomi Khusus di YouTube resmi Kemenkeu, Senin (13/9/2021)

Menkeu menjelaskan,  sasaran pengembangan KEK saat ini adalah untuk meningkatkan kehadiran dari modal-modal, baik dari dalam negeri maupun luar negeri. 

Lewat modal itu, lanjutnya, akan muncul kegiatan industri yang makin produktif atau optimal. Industri yang makin kompetitif akan meningkatkan ekspor. Di sisi lain, kemudahan impor untuk bahan baku menyebabkan kegiatan industri menjadi lebih pasti dan kompetitif.

“KEK juga diharapkan menjadi pusat pertumbuhan ekonomi yang baru, kita berharap akan muncul terobosan pengembangan kawasan untuk peretumbuhan daerah di Indonesia memanfaatkan fasilitas KEK ini," ujar Sri Mulyani.

Dia mengungkapkan, dari 19 KEK yang telah ditetapkan pemerintah, 11 KEK diantaranya merupakan kawasan industri dan sisanya adalah KEK pariwisata. Adapun 12 KEK sudah beroperasi, 7 lainnya masih tahap pembangunan. Realisasi investasi pembangunan KEK telah mencapai Rp19,52 triliun.

Investasi pembangunan kawasan tersebut secara akumulatif meningkatkan kinerja investasi. 19 KEK per Juli 2021 sudah menjaring investasi sebesar Rp92,3 triliun, dan realisasinya adalah Rp32,76 triliun.

Tercatat sudah ada 166 pengusaha yang ingin menanamkan modal di KEK. Dari jumlah tersebut pemerintah bisa menciptakan 26.741 lapangan kerja.

Editor : Jeanny Aipassa

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda