Gandeng Amazon, PLN Akan Pasok Listrik EBT 210 MW

Suparjo Ramalan ยท Selasa, 15 November 2022 - 21:21:00 WIB
Gandeng Amazon, PLN Akan Pasok Listrik EBT 210 MW
PLN dan Amazon epakat untuk mengembangkan energi baru terbarukan (EBT) dengan kapasitas 210 megawatt (MW) di empat proyek PLTS di Indonesia. (Foto: Dok. PLN)

BADUNG, iNews.id - PT PLN (Persero) dan Amazon sepakat untuk mengembangkan energi baru terbarukan (EBT) dengan kapasitas 210 megawatt (MW) di empat proyek Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) di Indonesia. Ini merupakan perjanjian pertama bagi dua perusahaan yang memungkinkan penambahan PLTS berskala besar ke dalam sistem nasional.

Berdasarkan kesepakatan ini, Amazon akan membeli listrik berbasis EBT di Indonesia yang dipasok melalui empat proyek PLTS tersebut untuk mendukung kegiatan operasional Amazon di Tanah Air. Keempat proyek tenaga surya tersebut akan berlokasi di Bali dan Pulau Jawa pada jaringan Jawa-Madura-Bali.

Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo memastikan komitmen Amazon untuk menjadi off-taker dengan pendorong proyek-proyek tersebut, yang memungkinkan PLN memperkenalkan peluang yang sama untuk organisasi lain yang tertarik, membuka lebih banyak opsi pengadaan EBT perusahaan di Indonesia. 

Menurutnya, inisiatif PLN melakukan pengadaan energi terbarukan akan membawa Indonesia lebih dekat untuk mencapai net zero emission pada tahun 2060.

“Pemerintah Indonesia berkomitmen untuk mengurangi emisi rumah kaca untuk mencapai tujuan nol bersih pada tahun 2060,” ujar Darmawan dalam keterangannya, Selasa (15/11/2022).

Editor : Aditya Pratama

Halaman : 1 2

Follow Berita iNews di Google News

Bagikan Artikel:




Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda