Gandeng China hingga Belanda untuk Jaga Ketahanan Pangan, Luhut: Bagian dari Pengembangan Food Estate

Binti Mufarida · Senin, 08 Agustus 2022 - 11:14:00 WIB
Gandeng China hingga Belanda untuk Jaga Ketahanan Pangan, Luhut: Bagian dari Pengembangan Food Estate
Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan dalam Rakornas BMKG secara virtual, Senin (8/8/2022). (Foto: Tangkapan Layar)

JAKARTA, iNews.id - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan menyampaikan, pemerintah berupaya menjaga ketersediaan pangan secara berkelanjutan melalui program Food Estate. Salah satunya melalui penjajakan kerja sama dengan sejumlah negara seperti China, Belanda, dan Taipei

“Kolaborasi dengan mitra luar negeri juga menjadi bagian dari upaya percepatan pengembangan Food Estate ini. Beberapa penjajakan telah dilakukan di antaranya dengan China, Belanda, dan Taipei,” ujar Luhut dalam Rakornas BMKG secara virtual, Senin (8/8/2022).

Luhut menambahkan, program Food Estate saat ini telah masuk ke dalam program strategis nasional tahun 2022-2024 dengan memprioritaskan program peningkatan ketersediaan akses serta kualitas konsumsi pangan.

Pemerintah, kata Luhut, juga tengah mengembangkan Food Estate di dua wilayah yaitu Kalimantan Tengah sebesar 29.000 hektare dan Sumatera Utara sebesar 20.000 hektare. “Selain itu juga ada pada sebelahnya seperti di Papua seluas 210.000 hektare di NTT ada 10.000 hektare dan 15.000 hektare,” kata dia.

Editor : Aditya Pratama

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda