Garap Pasar Logistik, FedEx Express Gandeng Platform e-commerce Terkemuka Asia-Pasifik

Advenia Elisabeth ยท Kamis, 23 September 2021 - 17:55:00 WIB
 Garap Pasar Logistik, FedEx Express Gandeng Platform e-commerce Terkemuka Asia-Pasifik
Armada Fedex Express. (foto: istimewa)

JAKARTA, iNews.id - FedEx Express, meluncurkan program baru untuk menggandeng platform e-Commerce terkemuka di kawasan Asia-Pasifik untuk menggarap pasar logistik

Presiden Wilayah Asia Pasifik, Timur Tengah dan Afrika (AMEA) FedEx Express, Kawal Preet, mengatakan langkah integrasi yang ditawarkan perseroan sejalan dengan pasar logistik Asia-Pasifik yang tumbuh signifikan.

“Menurut riset McKinsey, pasar logistik e-commerce Asia akan menyumbang 57 persen dari total pertumbuhan pasar logistik duni pada 2020 hingga 2025,” kata Kawal Preet, dalam riis yang diterimaa MNC Portal Indonesia, Kamis (23/9/2021). 

Terkait dengan itu, FedEx Express, anak perusahaan FedEx Corp yang merupakan perusahaan transportasi ekspres terbesar di dunia, meluncurkan serangkaian integrasi baru bersama platform teknologi e-commerce terkemuka di kawasan Asia Pasifik yang secara substansial akan menguntungkan e- tailers atau penjual e-commerce.

Dia menjelaskan, FedEx menanggapi peningkatan kebutuhan dari bisnis e-commerce melalui program Kompatibel dan Aliansi yang inovatif dari perusahaan.

Kedua program ini, kata Kawal, memungkinkan e-tailer untuk mendapatkan akses instan ke solusi pengiriman yang ditingkatkan dan terjangkau, serta memungkinkan mereka untuk menjual dengan mudah di platform e-commerce.

“Di bawah program Kompatibel FedEx, pelanggan FedEx dapat membuat label pengiriman FedEx dan menggunakan fitur FedEx tambahan, seperti layanan pengiriman ekspres dan layanan dokumentasi pengiriman internasional, tanpa meninggalkan platform e-commerce atau marketplace,” tutur Kawal Preet.

Dia mengungkapkan, integrasi FedEx dan akun platform/pasar yang sederhana dan mudah diikuti ini memberikan e-tailer akses mudah dan otomatis untuk memproses pesanan. Selain itu, nantinya e-tailer di pasar juga akan mendapatkan keuntungan dari diskon eksklusif pada tarif FedEx di bawah program Kompatibel.

"Hingga saat ini, FedEx telah terintegrasi dengan 17 platform, memberikan ratusan ribu e-merchant di seluruh Asia Pasifik akses langsung ke layanan FedEx, menggunakan nomor akun FedEx mereka, untuk mengelola pengiriman dan mengembangkan bisnis e-commerce lintas batas," ujar Kawal Preet.

Dia mengatakan, program Aliansi memungkinkan semua mitra dalam ekosistem e-commerce, termasuk penyedia pengiriman online. Selain itu, untuk menawarkan pelanggan e-tailer mereka, dapat mengakses langsung ke layanan FedEx dengan harga yang menguntungkan.

Kawal menilai, sektor e-commerce menjadi lebih kuat karena dampak dari pandemi, dimana pertumbuhannya melampaui perdagangan tradisional lima kali lipat. Seperti pada saat menjelang musim liburan, banyak konsumen lebih memilih berbelanja dari ponsel mereka atau secara online.

Guna membantu e-tailer memenuhi permintaan yang terus meningkat, pihaknya telah membuat layanan yang lebih mudah diakses oleh e-tailer dan UKM secara global.

Kolaborasi dengan platform e-commerce terkemuka merupakan langkah penting untuk membangun ekosistem e-commerce yang kuat di mana usaha kecil dapat menikmati layanan yang sama dengan merek ritel besar, dan mendapatkan kedudukan yang sama. 

“Kami berharap kedepannya dapat meningkatkan kolaborasi dengan lebih banyak mitra yang memiliki pikiran sama untuk memberikan solusi berkelanjutan dalam skala besar dan semakin mendorong rantai nilai e-commerce,” tutur Kawal Preet.

Editor : Jeanny Aipassa

Bagikan Artikel: