Gelar RUPST dan RUPSLB, MNC Kapital (BCAP) Mantapkan Fokus pada Ekosistem Layanan Keuangan Digital

MNC Media ยท Rabu, 20 Juli 2022 - 19:06:00 WIB
Gelar RUPST dan RUPSLB, MNC Kapital (BCAP) Mantapkan Fokus pada Ekosistem Layanan Keuangan Digital
Manajemen PT MNC Kapital Indonesia Tbk (BCAP). (Foto: dok iNews)

JAKARTA, iNews.id – PT MNC Kapital Indonesia Tbk (BCAP) pada hari ini menyelenggarakan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) dan Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB).

RUPST menyetujui Laporan Tahunan dan mengesahkan Laporan Keuangan Tahunan Konsolidasi MNC Kapital untuk tahun buku 2021, serta menerima dengan baik laporan direksi dan pengawasan Dewan Komisaris perseroan tahun buku 2021.

RUPST juga menyetujui pengunduran diri Darma Putra dari jabatannya sebagai Komisaris Utama Perseroan, serta Natalia Purnama, Samuel Mulyono, dan Darma Widjaja dari jabatannya sebagai direktur Perseroan. 

RUPST juga mengangkat Wito Mailoa sebagai Komisaris Utama Perseroan, Mashudi Hamka sebagai Direktur Utama Perseroan, serta Oerianto Guyandi, Muhammad Suhada, dan Mahdan sebagai Direktur Perseroan.

Berikut susunan Dewan Komisaris dan Direksi MNC Kapital sesuai hasil RUPST, Rabu (20/7/2022):

Dewan Komisaris

Komisaris Utama : Wito Mailoa
Komisaris : Tien
Komisaris Independen : Sukisto

Dewan Direksi

Direktur Utama : Mashudi Hamka
Direktur : Jessica Herliani Tanoesoedibjo
Direktur : Ageng Purwanto
Direktur : Bapak Peter Fajar
Direktur : Oerianto Guyandi
Direktur : Muhammad Suhada
Direktur : Mahdan

Dalam RUPST tersebut, juga dibahas strategi dan misi MNC Kapital yang semakin fokus pada ekosistem layanan keuangan digital melalui perubahan strategis seperti peluncuran dan rebranding aplikasi-aplikasi fintech Perseroan di bawah brand “Motion”. 

Hal tersebut selain bertujuan untuk meningkatkan pengenalan merek, juga memberikan kemudahan bagi pelanggan untuk memenuhi berbagai kebutuhan finansial dengan aman dan nyaman.

Berikut Digital Roadmap MNC Capital:

- Motion Digital 

Perseroan mendirikan Motion Digital, yang akan memiliki dan mengintegrasikan aplikasi-aplikasi digital MNC Bank, MNC Sekuritas, MNC Teknologi Nusantara dan Flash Mobile.

- MotionBanking

Aplikasi perbankan digital dari MNC Bank yang menawarkan pengalaman perbankan lengkap, memungkinkan nasabah membuka rekening tabungan, deposito, transfer, pembayaran tagihan, hingga pengajuan pinjaman digital dari smartphone. Selain biometric onboarding dan artificial intelligence,

MotionBanking juga dibangun dengan arsitektur open API untuk memungkinkan aplikasi lain menjadi bagian dari ekosistem perbankan MNC Group.

- MotionTrade

Salah satu aplikasi online trading saham terkemuka di Indonesia yang memiliki kemampuan digital onboarding, dilengkapi dengan fitur voice command pertama di Indonesia. MotionTrade dari MNC Sekuritas juga memiliki ijin APERD, menawarkan lebih dari 100 reksa dana di aplikasinya.

- MotionPay

Aplikasi e-money, e-wallet dan transfer digital yang mengadopsi teknologi yang kompatibel dengan QRIS untuk memastikan interkonektivitas dengan e-money lainnya. MotionPay juga meluncurkan MotionPoints, program poin loyalitas yang mengintegrasikan semua platform digital MNC Group.

- Flash Mobile

Bertindak sebagai payment gateway dan biller aggregator untuk semua transaksi di dalam MNC Group. Flash Mobile memiliki sertifikasi Standar Keamanan Data Industri Kartu Pembayaran tertinggi dengan sistem deteksi penipuan canggih dan layanan invoicing.

- MotionSure, MotionLife, dan MotionSafe

BCAP juga berupaya menjajaki peluang lain di dalam industri fintech melebihi penawaran layanan perseroan saat ini. Pengguna akan dapat dengan mudah membeli produk asuransi digital melalui MotionSure, aplikasi asuransi umum oleh MNC Insurance; dan MotionLife, aplikasi asuransi jiwa oleh MNC Life. 

Perseroan juga mengakuisisi broker asuransi yang akan mengembangkan aplikasi MotionSafe, dimana pelanggan dapat membeli asuransi dari berbagai penyedia asuransi, dengan menggabungkan semua paket asuransi dari para mitra dengan biaya rendah untuk memberikan pilihan yang lebih terjangkau.

- MotionCredit

Aplikasi yang sedang dikembangkan untuk mengakomodasi tren pembiayaan digital untuk ritel, sepenuhnya digital end-to-end dari proses akuisisi, administrasi, dan penagihan. 

MotionCredit akan menyediakan pembiayaan mobil, rumah, haji, dan pay later, meningkatkan jangkauan MNC Leasing dan MNC Finance ke pasar yang lebih luas.

- MotionFunds

Aplikasi reksadana online yang sedang dikembangkan oleh MNC Asset Management, untuk memudahkan pengguna dalam pembelian instrumen reksadana saham, pendapatan tetap, dan pasar uang.

- MotionCrypto

Perseroan sedang mengajukan lisensi aplikasi jual beli aset digital kripto, yang akan diberi nama MotionCrypto. Perseroan menganggap langkah ini sebagai pintu MNC Group memasuki era digital baru Web 3.0, ditambah pengembangan lainnya meliputi token, NFT dan Metaverse, menggunakan intelektual properti yang dimiliki afiliasi, serta pasar NFT untuk menjual koleksi.

- MotionSeeds

Aplikasi securities crowdfunding yang dimiliki oleh Modal Anak Bangsa dan sedang dalam proses perijinan, dikembangkan untuk melayani investor yang sudah ataupun belum terakreditasi.

- MNCModal

Perseroan juga dalam proses perijinan untuk MNC Modal Ventura, yang berfokus untuk investasi dan pengembangan start-up. Perseroan berharap dapat mengajak masyarakat turut membantu perkembangan start-up untuk menawarkan layanan inovatif. 

Dengan roadmap yang matang dan terarah, BCAP siap mewujudkan masa depan kebebasan finansial untuk semua.

Editor : Jeanny Aipassa

Follow Berita iNews di Google News

Bagikan Artikel:




Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda