Google: Tren Kirim Parcel Secara Digital Meningkat Empat Kali Lipat Selama Ramadan
Di kategori hiburan, terjadi peningkatan dua kali lipat pada penelusuran hiburan selama Ramadan dan 41 persen orang Indonesia meningkatkan penggunaan media streaming platform.
Untuk kategori kemudahan, sekitar 55 persen orang Indonesia lebih sering menggunakan aplikasi pengiriman makanan daripada sebelum pandemi.
Sedangkan untuk kategori berbelanja, terjadi peningkatan pencarian sebesar 79 persen tentang bagaimana berbelanja online dan 44 persen tentang bagaimana menjadi penjual online.
Christian mengatakan, jika melihat ekonomi internet Indonesia saat ini, pertumbuhannya masih sehat, yaitu sebesar 11% dari tahun ke tahun.
“Sekitar 3-4 tahun lalu, digital masih menjadi salah satu tools bagi para pengiklan untuk menjangkau konsumen, tetapi tidak menjadi yang utama. Namun kita melihat, pandemi menyebabkan adopsi digital di Indonesia melompat lebih cepat dan menyebabkan digital menjadi tools dan kanal utama bagi pemasar untuk menjangkau konsumennya,” kata Christian.