Hadiri Arahan Jokowi di Gernas BBI, Angela Tanoesoedibjo Dukung Target 1 Juta Produk Lokal Masuk E-Katalog

MNC Media ยท Rabu, 25 Mei 2022 - 13:00:00 WIB
 Hadiri Arahan Jokowi di Gernas BBI, Angela Tanoesoedibjo Dukung Target 1 Juta Produk Lokal Masuk E-Katalog
Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Wamenparekraf), Angela Tanoesoedibjo, menghadiri arahan Presiden Joko Widodo terkait Evaluasi Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia, di Jakarta, Selasa (24/5/2022). (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNews.id - Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Wamenparekraf), Angela Tanoesoedibjo, mendukung target pemerintah untuk mewujudkan 1 juta produk lokal masuk dalam e-katalog yang disusun oleh Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP).

Dukungan itu, disampaikan Wamenparekraf, saat menghadiri acara Pengarahan Presiden Joko Widodo (Jokowi), terkait Evaluasi Aksi Afirmasi Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI), di Jakarta Convention Center, Selasa (24/5/2022).

Dalam arahannya, Presiden Jokowi mendorong agar pemerintah daerah seluruh Indonesia untuk meningkatkan jumlah produk unggulan daerah masing-masing untuk bisa masuk ke dalam E-Katalog produk lokal yang disusun LKPP.

Menurut Jokowi, baru 46 dari 514 pemerintah kabupaten/kota yang memiliki E-Katalog lokal, sehingga ia pun mendorong agar jumlah ini terus ditingkatkan dan target satu juta produk lokal dalam E-Katalog bisa tercapai. Terlebih, syarat pengajuan E-katalog tersebut sudah disederhanakan oleh LKPP.

"Dulu ada delapan langkah, sekarang cuma dua langkah, gampang sekali, sehingga saya minta kepala daerah dan sekda ini segera dilakukan, produk-produk lokal dan unggulan daerah segera masuk ke E-Katalog lokal," kata Jokowi.

Presiden juga meminta pemerintah daerah serta kementerian dan lembaga untuk mendorong asosiasi-asosiasi pengusaha seperti Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin), dan Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI), untuk meningkatkan kualitas produk lokal. Mulai dari segi desain kemasan hingga peningkatan branding produk lokal.

"Sehingga semakin banyak produk-produk lokal, produk-produk unggulan semuanya masuk E-Katalog. Dan itu akan men-trigger ekonomi daerah, dan saya pastikan itu akan membuka lapangan kerja yang banyak di daerah tanpa kita sadari," ujar Jokowi.

Dengan masuknya produk-produk lokal ke dalam E-Katalog LKPP, diharapkan roda perekonomian pelaku UMKM bisa bergerak, dan berkespansi, hingga membawa multiflier effect bagi ekonomi Idonesia.
 
"Kalau kapasitas mereka sudah cukup, mereka akan ekspansi yang artinya menambah tenaga kerja," kata Presiden.

Editor : Jeanny Aipassa

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: