Harga BBM Naik, Ini Harapan Pengusaha untuk Pemerintah

Advenia Elisabeth ยท Senin, 05 September 2022 - 09:15:00 WIB
Harga BBM Naik, Ini Harapan Pengusaha untuk Pemerintah
Ketua Umum Dewan Pimpinan Daerah Himpunan Pengusaha Pribumi Indonesia (DPD HIPPI) DKI Jakarta, Sarman Simanjorang. (Foto: dok iNews)

JAKARTA, iNews.id - Ketua Umum Dewan Pimpinan Daerah Himpunan Pengusaha Pribumi Indonesia (DPD HIPPI) DKI Jakarta, Sarman Simanjorang, mengatakan kenaikan harga BBM sudah diantisipasi. Meski demikian, para pelaku usaha berharap pemerintah juga bisa mengambil kebijakan yang tepat atas dampak kenaikan BBM

Menurut dia, dampak yang akan sangat dirasakan bagi pelaku usaha dari kenaikan BBM adalah kenaikan tarif transportasi dan logistik yang akan berpengaruh pada kenaikan harga barang. 

Untuk itu, pemerintah diharapkan dapat membuat kebijakan yang tepat untuk menjaga agar kenaikan tarof transportasi dan logistik terkendali. "Jika tidak dikendalikan, maka tak bisa dipungkiri akan berimbas pada harga produk yang dijual ke masyarakat," ujar Sarman dalam keterangan tertulis, Senin (5/9/2022).

Dia mengungkapkan, pemerintah harus tetap menjaga daya beli masyarakat untuk menjaga pertumbuhan ekonomi tetap stabil akkibat dampak kenaikan BBM. Hal itu, disebabkan penggerak ekonomi Indonesia masih didominasi faktor konsumsi.

"Dengan terjaganya daya beli/konsumsi rumah tangga maka omzet pelaku usaha tidak turun secara derastis, sehingga tidak menurunkan produktivitas pelaku usaha," ungkap Sarman. 

Dia menjelaskan, kenaikan BBM tentu sangat berpengaruh ke dunia usaha. Namun, para pengusaha sudah selangkah lebih maju sebelum kebijakan ini direalisasikan. 

"Kenaikan harga BBM ini tentu sudah diantisipasi pelaku usaha sudah siap menyesuaikan, karena langsung atau tidak langsung akan berpengaruh terhadap dunia usaha," kata Sarman. 

Menurut dia, pelaku usaha sangat memahami dan mengerti kebijakan pemerintah menaikkan harga BBM yang selama ini disubsidi. Sebab, tidak ada pilihan karena memang gejolak harga minyak mentah dunia tidak bisa dihindari.

"Besaran kenaikan BBM ini masih diangka yang moderat, artinya harga yang masih terjangkau oleh masyarakat sehingga inflasi dan daya beli masyarakat tetap bisa terjaga," tutur Sarman. 

Editor : Jeanny Aipassa

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda