Harga Minyak Mentah Melemah di Tengah Kekhawatiran Penurunan Permintaan

Dinar Fitra Maghiszha · Jumat, 30 September 2022 - 10:57:00 WIB
Harga Minyak Mentah Melemah di Tengah Kekhawatiran Penurunan Permintaan
Harga minyak mentah melemah pada perdagangan hari ini di tengah sentimen kekhawaitran penurunan permintaan jelang pertemuan OPEC pekan depan. (Foto: Reuters)

JAKARTA, iNews.id - Harga minyak mentah (crude oil) melemah pada perdagangan hari ini, Jumat (30/9/2022). Penurunan ini terjadi di tengah sentimen kekhawatiran adanya penurunan permintaan menjelang pertemuan organisasi pengekspor minyak bumi (OPEC) pekan depan.

Data perdagangan hingga pukul 09:56 WIB menunjukkan minyak Brent di Intercontinental Exchange (ICE) untuk kontrak Desember koreksi 0,22 persen menjadi 86,99 dolar AS per barel. Sedangkan, minyak mentah West Texas Intermediate (WTI) di New York Mercantile Exchange (NYMEX) untuk pengiriman Desember melemah 0,14 persen sebesar 80,31 dolar AS per barel.

Penurunan harga juga didukung oleh melonjaknya nilai mata uang Dolar Amerika Serikat yang membuat harga minyak yang ditransaksikan menggunakan dolar menjadi lebih mahal, sehingga dikhawatirkan mengurangi permintaan di pasaran.

Sejumlah analis menilai pasar minyak tengah menanti dampak dari kebijakan Uni Eropa yang melakukan embargo atas minyak Rusia per 5 Desember mendatang. Demi menjaga fluktuasi harga, OPEC diharapkan mampu mengelola pasokan sesuai harapan, mengingat beberapa waktu lalu organisasi tersebut berjanji bakal menjaga stabilitas harga di pasar.

Editor : Aditya Pratama

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda