Harga Pertamax dan Pertalite Belum Naik, Erick Thohir Pastikan Keuangan Pertamina Tidak Tertekan

Suparjo Ramalan ยท Kamis, 04 Agustus 2022 - 16:12:00 WIB
Harga Pertamax dan Pertalite Belum Naik, Erick Thohir Pastikan Keuangan Pertamina Tidak Tertekan
Menteri BUMN Erick Thohir memastikan keuangan Pertamina tidak tertekan menyusul belum adanya penyesuaian harga Pertamax dan Pertalite. (Foto: Okezone)

JAKARTA, iNews.id - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir memastikan keuangan PT Pertamina (Persero) tidak tertekan, menyusul belum adanya penyesuaian harga Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis Pertamax dan Pertalite. Hingga saat ini harga Pertamax di angka Rp12.500 per liter dan Pertalite di kisaran Rp7.500 per liter. 

Dibalik kebijakan pemerintah belum menaikan harga BBM RON 92 dan RON 90 tersebut, Erick memastikan cash flow Pertamina tetap terjaga karena didukung negara.

"Kan dukungan pemerintah memastikan cash flow Pertamina terjaga," ujar Erick saat ditemui wartawan, Kamis (4/8/2022). 

Erick membantah adanya kerugian BUMN Migas tersebut karena harga Pertamax dan Pertalite di bawah harga pasar atau keekonomian saat ini. Dia menjelaskan, antara cash flow dan rugi merupakan dua hal yang berbeda. 

Pertamina memang mencatatkan defisit kas keuangan, defisit tersebut lantaran pemerintah belum melunasi piutang perusahaan yang berasal dari subsidi BBM. Namun, begitu dibayarkan cash flow Pertamina mulai membaik. 

"Lalu rugi-labanya juga baik. Nah, sempat kemarin seakan-seakan Pertamina rugi, bukan rugi, antara cash flow sama rugi itu berbeda, cash flow itu artinya defisit karena uangnya belum diganti (pemerintah), uang subsidinya makanya secara cash flow defisit," kata dia.

Editor : Aditya Pratama

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda