Harga TBS Tak Kunjung Membaik, Petani Sawit Mau Demo Lagi

Athika Rahma ยท Senin, 06 Juni 2022 - 13:58:00 WIB
Harga TBS Tak Kunjung Membaik, Petani Sawit Mau Demo Lagi
Petani sawit yang tergabung dalam Apkasindo berencana kembali menggelar aksi demonstrasi di depan Kemendag karena harga TBS kelapa sawit tak kunjung membaik. (Foto: Antara)

JAKARTA, iNews.id - Petani sawit yang tergabung dalam Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia (Apkasindo) berencana kembali menggelar aksi demonstrasi di depan Kantor Kementerian Perdagangan (Kemendag). Hal ini disebabkan harga Tandan Buah Segar (TBS) kelapa sawit tak kunjung membaik.

Ketua Umum Apkasindo Gulat Manurung menuturkan, demo ini adalah keinginan semua petani sawit dari Aceh sampai Papua yang terdiri dari 22 provinsi.

"Dan saya harus menyalurkan keinginan kawan-kawan (petani). Sebab, saya sudah kehabisan jawaban kepada kawan-kawan atas masih anjloknya harga TBS petani disaat yang bersamaan harga CPO Internasional sedang naik yaitu Rp23.000 per kg (kilogram)," ujar Gulat kepada MNC Portal Indonesia, Senin (6/6/2022).

Namun, Gulat tidak merinci kapan aksi akan digelar. Yang jelas, pemerintah dinilai harus benar-benar peduli dengan nasib petani. Menurutnya, seharusnya harga TBS sawit sudah di angka Rp4.500 per kg, sedangkan saat ini, harganya masih di kisaran Rp1.600- Rp1.900 per kg.

Editor : Aditya Pratama

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda