Hati-hati, Beredar Hoax Kemenkominfo Beri Kuota Internet 150GB Gratis

Advenia Elisabeth ยท Rabu, 18 Agustus 2021 - 18:44:00 WIB
Hati-hati, Beredar Hoax Kemenkominfo Beri Kuota Internet 150GB Gratis
Kementerian Komunikasi dan Informasi meminta masyarakat waspada dengan hoax mengenai pemberian kuota internet gratis. (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNews.id – Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kemenkominfo) menanggapi kabar bohong (hoax) tentang pemberian kuota internet 150 GB gratis terkait peringatan HUT ke-76 Kemerdekaan RI. 

Seperti diketahui, masyarakat dihebohkan dengan pesan berantai di aplikasi percakapan, WhatsApp, yang berisikan informasi bahwa Kemenkominfo akan memberikan kuota internet 150 GB secara gratis mulai tanggal 17 Agustus 2021 melalui link tautan. Hadiah kuota gratis itu dalam rangka memperingati HUT ke-76 Kemerdekaan RI. 

Pesan yang beredar di Whatsapp itu, juga menyertakan informasi mengenai syarat penerima kuota internet gratis, diantaranya menggunakan nomor selular yang dikeluarkan operator lokal. 

“Dalam rangka memperingati HUT RI ke-76, Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia bekerjasama dengan operator jaringan seluler memberikan kuota internet 150 GB secara gratis mulai tanggal 17 Agustus hingga 31 Agustus. Menerima kondisi: Anda warga negara Indonesia, nomor ponsel Anda adalah operator jaringan Indonesia, dan isi ulang tidak valid setelah 31 Agustus,” tulis pesan tersebut.

Menanggapi hal itu, Juru Bicara Kemenkominfo, Dedy Permadi, menepis kabar hoax tersebut. Ia menegaskan saat ini Kemkominfo tidak memiliki program pemberian kuota internet sebesar 150GB dalam rangka memperingati HUT RI ke-76.

“Klaim bahwa Kemenkominfo memberikan kuota internet 150 GB secara gratis mulai tanggal 17 Agustus 2021 adalah salah,” kata Dedy dalam keterangan resmi, Rabu (18/8/2021).

Terkait dengan itu, Dedy meminta masyarakat waspada dan berhati-hati agar tidak terjebak dengan pesan hoax yang mengatasnamakan Kemenkoinfo.

Editor : Jeanny Aipassa

Bagikan Artikel: