Hitung Pendapatan, Berikut 2 Metode Pencatatan Keuangan

Okezone ยท Kamis, 09 Juli 2020 - 06:31 WIB
Hitung Pendapatan, Berikut 2 Metode Pencatatan Keuangan

Dua metode menghitung pencatatan keuangan dengan cara cash basis dan accrual basis. (Foto: Okezone)

JAKARTA, iNews.id - Dalam keuangan, perlu cara perhitungan yang benar. Sebab itu, pencatatan sangat penting agar dapat dihitung dengan cermat.

Banyak orang yang mungkin belum paham istilah accrual basis dan cash basis. Tapi, bisa jadi secara tidak sengaja kalian pernah terlibat dalam kedua metode akuntasi tersebut.

Kedua metode pencatatan akuntansi didasarkan waktu pencatatan transaksi dan secara keseluruhan jumlah pencatatannya akan menghasilkan angka sama.

Mengutip akun Instagram Jouska Indonesia, berikut dua perbedaan metode pencatatan keuangan dengan metode cash basis dan accrual basis:

1. Cash Basis

Metode yang pertama adalah cash base atau berbasis tunai. Dalam kegiatan penjualan yang dilakukan, pendapatan yang diterima akan diakui keberadaannya saat penerimaan dalam bentuk kas yang masuk.

Berbeda dengan biaya atau expenses, keberadaan pembayaran tersebut akan diakui saat pengeluaran berbentuk kas.

2. Accrual Basis

Metode ini mempunyai arti biaya dan pendapatan bukan jumlah yang dibayarkan atau diterima saja. Dalam hal penjualan misalnya, pendapatan akan diakui saat penerimaan berbentik kas dan piutang.

Sementara pembayaran dalam posisi ini diakui ketika pengeluaran hanya dalam bentuk kas dan piutang.

Jika dilihat dari kedua penjelasan di atas, kalian cenderung akan memilih metode cash atau accrual? Ini menjadi pertimbangan dalam menghitung penghasilan.

Editor : Dani Dahwilani