Holding BUMN Pertambangan Buka Lowongan untuk Generasi Muda di Bawah 27 Tahun

Suparjo Ramalan ยท Jumat, 20 Agustus 2021 - 15:41:00 WIB
Holding BUMN Pertambangan Buka Lowongan untuk Generasi Muda di Bawah 27 Tahun
Mining Industry Indonesia atau MIND ID, membuka kesempatan bagi anak muda untuk berkiprah dan berkontribusi membangun industri pertambangan di Indonesia.

JAKARTA, iNews.id - Mining Industry Indonesia atau MIND ID, membuka lowongan kerja untuk generasi muda di bawah usia 27 tahun. MIND ID adalah Holding BUMN Pertambangan yang beranggotakan PT ANTAM Tbk, PT Bukit Asam Tbk, PT Freeport Indonesia, PT Inalum (Persero), dan PT Timah Tbk.

Direktur Layanan Strategis MIND ID, Ogi Prastomiyono, mengatakan MIND ID sedang membuka program XPLORER, yakni program rekrutmen yang memberikan kesempatan bagi kelompok anak muda di bawah usia 27 tahun yang memiliki minat untuk mengembangkan potensi dan berkontribusi membangun industri pertambangan Indonesia.

"Kami ingin mengajak kamu untuk bersama-sama membangun masa depan Indonesia! Jika kamu individu mandiri yang selaras dengan nilai-nilai budaya kami dan menginginkan kesempatan pengembangan karir yang terakselerasi, maka XPLORER sebagai Management Acceleration Program adalah program yang tepat untuk kamu," ujar Ogi, di Jakarta, Jumat (20/8/2021). 

Dia menjelaskan, MIND ID XPLORER adalah Management Acceleration Program yang menyasar lima bidang, yaitu: 

1. Operations (operasi)
Melakukan inisiatif penambangan jangka panjang untuk menciptakan praktik penambangan yang berintegrasi dengan kemampuan

2. Business (bisnis)
Memperluas hubungan kemitraan sehingga terciptanya peluang strategis, serta memanfaatkan digitalisasi sebagai keunggulan perusahaan.

3. Finance (keuangan)
Memperkuat dan memberikan dukungan agar strategi portfolio manajemen dapat berjalan dengan baik.

4. Supply Chain (rantai pasokan)
Menjalankan fungsi pengadaan yang terintegrasi yang dapat melayani kebutuhan barang/jasa di seluruh perusahaan klaster pertambangan, mulai dari sourcing, pengadaan, pemenuhan dan distribusi di seluruh aset perusahaan.

5. Corporate Services (layanan perusahaan)
Memberikan dukungan untuk seluruh organisasi, memastikan standar tinggi, kualitas, integritas, dan efisiensi di seluruh perusahaan.

Menurut Ogi, nantinya generasi muda yang direkrut dalam program XPLORER akan menjalani masa belajar dan pengembangan diri selama 2 tahun dengan empat kali rotasi pekerjaan dengan keempatan tanpa batas. 

Dia mengungkapkan, anak muda identik dengan pekerjaan berbasis teknologi, startup, bankir, hingga telekomunikasi. Hal itu sejalan dengan industri pertambangan yang diarahkan pada kerangka digitalisasi. 

Saat ini, lanjut Ogi, pertambangan sudah jauh berbeda, majunya teknologi dan persaingan global menuntut perusahaan lebih terampil dalam membuat nilai tambah. 

"Dunia pertambangan hari ini sangat berbeda dengan 10 tahun 20 tahun silam. Sekarang bekerja di dunia pertambangan bukan hanya sekedar menggali namun juga banyak tantangan transformasi digital dan bisnis yang lebih menarik," kata Ogi. 

Dia menjelaskan, pemerintah terus mendorong hilirisasi digital. Hilirisasi dan transformasi teknologi bisa memberikan nilai tambah bagi negara  

Merujuk GDP, angka kontribusi hasil galian tambang hanya berkisar di angka 7-8 persen saja. Padahal, Indonesia bisa melakukan prosesing minimal barang setengah jadi atau sampai pada end user, maka nilainya bisa naik 4-5 kali lipat.

Di sisi lain, untuk membuat harga jual produksi bisa bersaing di pasar global, maka perlu efisiensi dan efektivitas operasional. "Ini sangat erat kaitannya dengan digitalisasi. Disatu sisi kita melakukan hilirisasi, namun dengan digitalisasi maka proses tersebut bisa lebih efisien dan efektif," tutur Ogi. 

Dia menambahkan, perekrutan peserta XPLORER telah berlangsung sejak 21 Juli 2021 dan akan berakhir hari ini, Jumat (20/8/2021). 

Editor : Jeanny Aipassa

Bagikan Artikel: