Hubungan Tengah Memanas, Perdagangan Taiwan dengan China Jauh Lebih Besar Dibanding AS

Aditya Pratama · Minggu, 07 Agustus 2022 - 08:16:00 WIB
Hubungan Tengah Memanas, Perdagangan Taiwan dengan China Jauh Lebih Besar Dibanding AS
Di tengah hubungan yang memanas antar kedua negara, data menunjukkan bahwa Taiwan lebih bergantung pada China untuk perdagangan daripada AS. (Foto: Reuters)

BEIJING, iNews.id - Di tengah hubungan yang memanas antar kedua negara, data menunjukkan bahwa Taiwan lebih bergantung pada China untuk perdagangan daripada Amerika Serikat (AS). Adapun Taiwan saat ini berada di bawah tekanan militer dan ekonomi dari Beijing pada minggu ini setelah mengizinkan kunjungan ketua DPR AS Nancy Pelosi

Kunjungan itu tetap dilakukan meskipun ada peringatan dari China, yang menganggap Taiwan sebagai bagian dari wilayahnya dan mempertahankan pulau itu, seharusnya tidak memiliki hak untuk melakukan hubungan luar negeri. AS mengakui Beijing sebagai satu-satunya pemerintah resmi China, sambil mempertahankan hubungan tidak resmi dengan Taiwan.

Mengutip CNBC International, Minggu (7/8/2022), hubungan bisnis dan ekonomi Taiwan dengan China daratan dan Hong Kong telah tumbuh begitu besar sehingga kawasan itu sejauh ini merupakan mitra dagang terbesar pulau itu.

Banyak perusahaan besar Taiwan di industri teknologi tinggi seperti pembuat chip terbesar di dunia, Taiwan Semiconductor Manufacturing Co atau TSMC yang mengoperasikan pabrik di daratan China.

Tahun lalu, China daratan dan Hong Kong menyumbang 42 persen dari ekspor Taiwan, sementara AS memiliki pangsa 15 persen, menurut data resmi Taiwan yang diakses melalui Wind Information.

Secara keseluruhan, Taiwan mengekspor barang senilai 188,91 miliar dolar AS ke China daratan dan Hong Kong pada tahun 2021. Lebih dari setengahnya adalah suku cadang elektronik, diikuti oleh peralatan optik, menurut Kementerian Keuangan Taiwan.

Ekspor Taiwan ke Asia Tenggara bahkan lebih besar daripada ekspor ke AS dengan nilai 70,25 miliar dolar AS dibandingkan 65,7 miliar dolar AS ke Amerika Serikat.

Sebagai sumber impor Taiwan, China daratan dan Hong Kong kembali menduduki peringkat pertama dengan pangsa 22 persen. AS hanya memiliki pangsa 10 persen, diikuti Jepang, Eropa dan Asia Tenggara.

Editor : Aditya Pratama

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda