IKN Nusantara Miliki Harta Karun Melimpah, Apa Saja?

Iqbal Dwi Purnama ยท Senin, 16 Mei 2022 - 19:49:00 WIB
IKN Nusantara Miliki Harta Karun Melimpah, Apa Saja?
IKN Nusantara miliki harta karun melimpah, apa saja? (Sindonews)

Selain itu, ada sejumlah proyek hulu migas yang telah beroperasi di sekitar kawasan tersebut, seperti Blok Muara Bakau, Blok Mahakam. Tahun lalu, anak usaha PT Pertamina Hulu Indonesia (PHI), Pertamina Hulu West Ganal juga menemukan gas di sumur eksplorasi Maha-2 Wilayah Kerja (WK) Blok Ganal yang terletak di lepas pantai Kalimantan Timur.

Dari hasil uji produksi yang dibatasi surface facility diperoleh pencatatan aliran gas di lepas pantai tersebut sebesar 34 MMSCFD. 

Migas yang selama ini dieksploitasi di Kaltim adalah migas yang menurut proses terbentuk dan metode pengambilannya bersifat konvensional. Namun Kaltim juga memiliki potensi migas yang bersifat nonkonvensional, di antaranya gas serpih (shale gas) dan gas methana batu bara.

Emas dan Perak

Emas dan perak tidak hanya terkandung di dalam tanah Papua yang saat ini dikelola oleh Freeport, potensi emas dan perak juga terkandung di dalam tanah IKN Nusantara.

Berdasarkan data Geologi per Juni 2022, diperkirakan cadangan emas di Kaltim mencapai 40 juta ton bijih, sedangkan cadangan perak sebanyak 16 juta ton bijih. Bahkan kandungan bijih emas sekitar 5 persen dari total sumber daya emas nasional sebanyak 14,96 miliar ton, sedangkan untuk perak sebesar 305,67 juta ton dari total 7,57 miliar ton.

Editor : Jujuk Ernawati

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda